Tips Melindungi Rambut dari Klorin Jika Hobi Berenang

Kompas.com - 02/12/2019, 19:10 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Jika kamu menjadikan renang sebagai olahraga favoritmu, jangan lupa melakukan tindakan perlindungan agar rambut yang sering terpapar klorin di kolam renang tidak cepat rusak.

Renang merupakan jenis olahraga aerobik yang dianggap terbaik bagi tubuh karena manfaatnya yang besar bagi kesehatan. Selain itu, berada di air juga bisa memberi efek menenangkan.

Walau begitu, klorin dan tembaga yang ada di kolam renang bisa merusak rambut.

“Ketika tembaga teroksidasi di batang rambut, hal itu akan menciptakan semburat hijau, yang terutama terlihat pada rambut pirang,” kata ahli dermatologi Jessica Krant.

Sementara itu, klorin akan menyebabkan batang rambut menjadi kering dan kusam karena mengikis minyak alami dari kulit kepala dan batang rambut,” ujarnya.

Untuk menjaga agar rambut tetap sehat dan tubuh bugar berkat rajin berenang, ikuti tips berikut ini:

- Bilas dengan air bersih
Sebelum berenang, basahi rambut dengan air bersih (bukan air kolam) sebelum masuk ke kolam renang untuk memperlambat efek langsung air kolam renang. Jika kamu ingin berenang dalam waktu relatif lama, bilas rambut setiap setengah jam.

Baca juga: Memilih “Hair Oil” yang Tepat agar Rambut Sehat

- Lapisi dengan minyak kelapa
Minyak kelapa atau bisa diganti dengan minyak rambut lain, dapat dipakai sebagai pelindung anti-air sehingga tidak terpapar klorin dan tembaga.

- Pakai topi renang
Topi renang (swim cap) bukan cuma untuk para perenang profesional. Fungsi dari topi khusus ini terutama jika rambut kita kering, sering terpapar bahan kimia (diwarnai), atau sering di-styling. Efek klorin akan lebih kuat pada rambut yang rapuh.

- Kondisioner ekstra
Bila kita cukup sering berenang, gunakan kondisioner lebih banyak dibanding biasanya. Aplikasikan kondisioner sebelum dan setelah berenang. Kita juga bisa memakai kondisioner tanpa bilas untuk memberi hidrasi lebih dan kilau rambut.

- Kering alami
Biasakan untuk mengeringkan rambut secara alami dibanding memakai alat-alat styling rambut yang panas. Rambut yang dikeringkan alami akan membuat kutikulanya tetap lembut.

Baca juga: 8 Cara Ampuh Atasi Rambut Bercabang

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X