5 Tips untuk Atasi Kebiasaan Terbangun Tengah Malam

Kompas.com - 15/12/2019, 19:19 WIB
Ilustrasi terbangun tengah malam shutterstockIlustrasi terbangun tengah malam
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ketika sedang tertidur nyenyak dan bermimpi indah, terbangun tengah malam bisa menjadi sangat menyebalkan. Apalagi jika hal ini terjadi di saat kita benar-benar membutuhkan tidur yang berkualitas.

Mengingat sibuknya aktivitas menuntut ilmu atau mencari nafkah keeseokan harinya, tentu saja terbangun tengah malam adalah hal yang harus dihindari. Namun, bagaimana caranya?

Sebelum mengetahui tips-tips agar tidak sering terbangun tengah malam, ada baiknya kita mengetahui penyebab sering terbangun tengah malam, supaya bisa mencari solusi terbaik untuk mengatasi kondisi medis yang menyebabkannya.

1. Sleep apnea

Kondisi ini membuat napas pendek saat sedang tertidur. Akhirnya, kamu akan terbangun tengah malam.

Beberapa gejala seperti sakit kepala di pagi hari, berdengkur, rasa letih, sulit berkonsentrasi di siang hari, sampai terengah-engah di malam hari, menjadi gejala dari sleep apnea.

Sleep apnea dapat diobati dengan menggunakan alat seperti continuous positive airway pressure (CPAP), yang memompa sedikit udara ke paru-paru, maupun dengan memakai masker saat tidur.

Beberapa alat yang dimasukkan ke dalam mulut (oral appliances) yang dapat menggerakkan rahang ke depan agar membuka jalan napas saat tidur, juga bisa meredakan sleep apnea.

Operasi adalah “jalan terakhir” yang dapat ditempuh jika kedua cara di atas tidak berhasil mengalahkan sleep apnea. Operasi dilakukan untuk menstimulasi saraf, bahkan mengubah posisi rahang.

Baca juga: Sering Ngorok dan Mengantuk Saat Siang? Waspadai Sleep Apnea

2. Gangguan mental

Halaman:


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X