Ponsel Bisa Gagalkan Usaha Diet, Apa Sebabnya?

Kompas.com - 25/12/2019, 19:25 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Bagi kebanyakan orang, ponsel sudah menjadi sesuatu yang tak bisa terpisahkan dari aktivitas sehari-hari. Kita membawanya kemana pun, saat pergi tidur, saat makan, pergi, bahkan ketika ke kamar mandi.

Namun, ketegantungan pada ponsel ini ternyata membawa dampak yang buruk, salah satunya jika kamu punya rencana menurunkan berat badan.

Hal itu ternyata juga sudah diperkuat hasil studi, seperti sebuah studi yang dilakukan oleh merek pakaian olahraga Columbia terhadap 1.000 lulusan universitas.

Mereka mengobservasi para mahasiswa yang menggunakan ponsel lebih dari enam jam dan hasilnya, 43 persennya cenderung mengalami obesitas dan rentan terhadap praktik-praktik tidak sehat.

Baca juga: Belanja Sambil Bermain Ponsel Bisa Bikin Gemuk, Apa Alasannya?

Ada lima aktivitas para penggila ponsel yang bisa sangat mengganggu usaha diet:

1. Ponsel membuat stres dan gelisah

Kita semua sangat kecanduan melihat layar ponsel yang menyala, namun di sisi lain kita juga sulit menjauhi itu.

Jika melewatkan notifikasi atau tidak menerima pesan yang muncul memberimu FOMO (Fear of Missing Out) atau rasa gelisah yang hebat, maka mungkin kamu adalah korban stres atau kecemasan.

Kita tahu apa yang terjadi dengan sistem hormonal stres ketika bekerja di bawah berjalan di bawah tekanan, yakni kekebalan tubuh bekerja kurang efisien, kita menjadi lebih rentan terhadap penyakit kronis dan juga menghadapi efek samping stres yang bisa berkaitan dengan diet dan olahraga. Semua ini bisa membuat kita kesulitan menurunkan berat badan.

Baca juga: Mengenali Sederet Efek Ponsel yang Mengintai Kehidupan Kita

2. Jalan lebih lambat saat melihat layar

Apakah ponselmu selalu menjadi teman saat kamu sedang berjalan atau jogging? Jika ya, maka ponsel membuat sesi jalan atau jogging-mu tidak efisien.

Lari bahkan sekadar jalan kaki tak diragukan lagi merupakan cara yang bagus untuk membantu menurunkan berat badan, namun hanya jika dilakukan dengan cara yang tepat yakni memiliki kecepatan tertentu.

Menggunakan ponsel saat berjalan akan membuat langkah kaki kita menjadi lebih lambat dan ini akan berpengaruh terhadap pembakaran kalori.

Faktanya, sejumlah studi mengonfirmasi bahwa orang-orang yang berjalan dengan gawainya secara drastis lebih lambat ketimbang mereka yang tidak.

Jadi, untuk efek kesehatan dan penurunan berat badan yang maksimal, penting untuk memastikan bahwa kamu berjalan kaki cepat dengan minimal 150 menit. Gunakanlah semua energimu untuk berjalan.

Baca juga: Main Ponsel Sambil Nyetir, David Beckham Dilarang Mengemudi 6 Bulan

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X