6 Tips Memulai Rutinitas Lari untuk Pemula

Kompas.com - 08/01/2020, 06:08 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Berkeinginan menurunkan berat badan atau mungkin ingin seperti geng kamu yang rutin ikut kompetisi lari bisa menjadi motivasi seseorang untuk memulai rutinitas lari.

Namun, memulai rutinitas tersebut tak selalu mudah terutama bagi para pemula.

Nah, enam tips berikut bisa kamu coba jika ingin memulai rutinitas lari, seperti dilansir dari laman Runner's World:

1. Memulai

Sebagai pemula, kamu mungkin menghabiskan banyak waktu untuk mencari informasi tentang tips atau rencana lari di internet. Padahal, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memulainya.

"Hal terbesar yang perlu kamu lakukan ketika memulai sesuatu adalah membangun kebiasaannya, kakimu harus terbiasa berlari," kata pelatih tersertifikasi dan pelatih lari di Mile High Run Club di New York dan Streets101, Matthew Meyer.

Lupakan target mencapai kecepatan tertentu. Mulailah berlari di luar ruangan atau treadmill dengan target waktu, misalnya 20 menit dan tiga kali seminggu. Jika bisa mengikutinya, kamu bisa menambahnya menjadi empat kali seminggu lalu meningkatkan durasinya menjadi 25 menit.

Baca juga: Pola Makan Terbaik bagi Para Pelari

2. Terapkan metode lari-jalan

Di sinilah banyak pelari pemula membuat kesalahan. Ketika mereka mulai berlari, mereka langsung mengerahkan kemampuan maksimal padahal tak melakukan persiapan terbaik. Beberapa menit kemudian, mereka merasa tubuhnya sakit.

Pelarih lari dari New York, Gordon Bakoulis, menyarankan mulai dengan perlahan lalu tingkatkan secara perlahan pula.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X