Kompas.com - 20/01/2020, 07:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.comOatmeal merupakan makanan yang termasuk kelompok gandum utuh (whole grain) yang tinggi serat. Para ahli gizi merekomendasikan kita mengonsumsi oatmeal karena berbagai manfaatnya. Namun, apakah turun berat badan termasuk di antaranya?

Apa saja manfaat oatmeal

Sebelum masuk dalam kemungkinan penurunan berat badan, kita perlu paham dulu apa saja kandungan nutrisi oatmeal.

Satu cangkir oatmeal yang dimasak terkandung sekitar 150 kalori dan kita sudah mendapatkan 5 gram serat (sekitar 18 persen dari kecukupan harian), satu sajian whole grain, dan sekitar 6 gram protein (setara dengan telur).

Selain itu, oatmeal juga sumber nutrisi penting lain, seperti kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, selenium, dan potasium.

Penelitian menunjukkan, pemakan oatmeal cenderung memiliki pola makan lebih sehat dibanding bukan pemakan oatmeal.

Baca juga: Cara Terbaik untuk Penuhi Asupan Serat bagi Tubuh

Membantu penurunan berat badan

Di dalam oatmeal terkandung serat yang unik, yakni beta-glucan. Menurut penelitian, jenis serat ini membantu mengatur hormone lapar sehingga kita cenderung lebih puas setelah makan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa penelitian dilakukan untuk membandingkan efek antara kelompok orang yang makan dua sajian oatmeal perhari pada wanita yang kegemukan dan yang obesitas.

Sebagian dari wanita itu tidak mendapatkan penurunan berat badan dibanding dengan kelompok yang memiliki pola makan rendah kalori dengan asupan serat rendah. Tetapi, pada mereka yang memasukkan oatmeal dalam pola makannya, berarti asupan seratnya bertambah dan berat badan yang berkurang juga lebih banyak.

Dalam durasi pengamatan yang lebih panjang, makin terlihat perbedaan signifikan dalam penurunan berat badan.

Baca juga: Simak, 10 Tips Turunkan Berat Badan 45 Kg dengan Cara Aman

Kesimpulannya

Mengonsumsi oatmeal membantu menurunkan berat badan, terlebih jika kita juga memiliki pola makan dengan kalori terkontrol. Jadi, pola makan secara keseluruhan juga harus diperhatikan, tidak bisa hanya menggantungkan pada oatmeal saja.

Konsumsi oatmeal diketahui memiliki manfaat lain, yaitu memperbaiki asupan nutrisi secara umum serta menurunkan kadar kolesterol. Hal ini sudah lama dibuktikan lewat berbagai penelitian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.