Tips Jitu Menghilangkan Bau Badan pada Anak

Kompas.com - 20/01/2020, 10:40 WIB
Ilustrasi anak shutterstockIlustrasi anak
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tidak hanya orang dewasa saja yang memiliki bau badan. Anak- anak pun mengalami persoalan tersebut. Biasanya, bau badan anak mulai muncul saat mereka menginjak masa pubertas.

Untuk anak laki-laki, pubertas dimulai pada usia 12-16 tahun, sedangkan perempuan dimulai pada usia 10-14 tahun. Apalagi, mereka cenderung menjadi lebih aktif di luar rumah, yang menyebabkan berkeringat.

Bagi orangtua yang khawatir terhadap bau badan anak-anaknya, memahami tips jitu menghilangkan bau badan anak berikut ini, sangatlah penting.

Sama seperti kita, ketika bau badan muncul, anak-anak juga bisa merasa tidak percaya diri saat bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Sebagai orangtua, kita harus memperhatikan langkah penting untuk menghilangkan bau badan anak.

Baca juga: Mengatasi Bau Badan yang Muncul Tiba-Tiba

Sebelum membahas tips menghilangkan bau badan anak, orangtua perlu tahu bahwa bau badan pada anak bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti berikut ini.

  • Bau badan anak biasanya menjadi sinyal datangnya masa pubertas. Ini adalah hal yang wajar terjadi. Orangtua disarankan untuk tidak terlalu mengkhawatirkannya.
  • Mengonsumsi makanan seperti bawang putih atau bawang bombay bisa menjadi pemicu datangnya bau badan pada anak.
  • Bau badan anak bisa timbul karena kebersihan tubuh yang kurang terjaga, seperti malas mandi hingga maupun membilas daerah yang kerap berkeringat. Sebab, bakteri bisa bersentuhan dengan keringat, yang akhirnya menimbulkan bau badan tak sedap.

Selain itu, keringat lebih banyak diproduksi saat anak-anak menginjak masa pubertas. Sebab, kelenjar keringat menjadi lebih aktif, sehingga produksi air keringat pun meningkat. Akhirnya, bau badan juga semakin menyengat.

Kelenjar keringat juga mulai memproduksi bahan kimia yang memiliki bau lebih kuat. Bau ini bisa muncul di tempat-tempat seperti ketiak, kaki, hingga alat kelamin anak.

Baca juga: Usir Bau Badan dengan 7 Cara Merawat Tubuh Agar Tetap Wangi

Orangtua memegang peran penting dalam mengatasi bau badan anak. Sebab, anak-anak belum terlalu mengerti dampak buruk dari bau badan tak sedap yang dimilikinya. Beberapa tips di bawah ini bisa kita ikuti.

  • Selalu pastikan anak-anak mandi setiap pagi, untuk membatasi jumlah bakteri pada kulit mereka. Ajarkan mereka untuk benar-benar mencuci bagian yang memiliki kelenjar keringat, seperti kaki, alat kelamin, hingga ketiak.
  • Ketika menginjak masa pubertas, anak-anak cenderung lebih sering beraktivitas. Sehabis melakukan aktivitas yang membuat berkeringat, biasakan anak-anak untuk mandi.
  • Pastikan pakaian yang anak-anak gunakan selalu bersih dan kering, karena bau badan tidak selalu datang dari tubuh, tapi juga dari pakaian yang mereka gunakan.
  • Pakaian yang terbuat dari kain atau bahan alami, lebih efektif menyerap keringat dengan baik. Bau badan pun bisa dikurangi dengan cara ini.

Jika keempat cara di atas masih belum mampu menghilangkan bau badan pada anak-anak, mungkin ini saat yang tepat untuk memperkenalkan deodoran kepada mereka.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X