Kompas.com - 21/02/2020, 16:56 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Olahraga menjadi salah satu pilar penting dalam menjaga kesehatan, selain pola makan yang baik dan tidur cukup.

Meski semua orang mengetahui betul bahwa olahraga adalah hal yang penting, masih banyak yang belum mempraktikannya di kehidupan sehari-hari.

Faktanya, banyak orang merasa kesulitan memulai rutinitas olahraga. Sebagian orang merasa terbebani karena harus meluangkan waktu pergi ke gym atau mengikuti kelas-kelas olahraga, sebagian lainnya bahkan sulit lepas dari pola hidup tidak aktif yang dijalaninya.

Baca juga: Cara Jitu Kembalikan Semangat Berolahraga Setelah Cuti Lama

Padahal, memulai olahraga rutin tidak sulit, lho.

Ilmuwan nutrisi, Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD. menjelaskan, kita bisa memulai rutinitas olahraga dengan menyelipkan kebiasaan-kebiasaan baru kecil ke dalam aktivitas harian.

"Ambil hal yang sudah biasa dilakukan dalam hidup kita, itu akan jadi trigger lalu hubungkan dengan satu kebiasaan baru yang kecil."

Hal itu diungkapkan Matthew ketika ditemui di pabrik susu Greenfields di Palaan, kabupaten Malang, Jumat (21/2/2020).

Jika memulai olahraga dilakukan dengan mengatur target yang terlalu besar untuk diri kita, maka ada kecenderungan aktivitas tersebut tidak akan berlangsung dalam jangka panjang.

Misalnya, memulai rutinitas dengan menargetkan olahraga satu jam setiap harinya.

Baca juga: Rutin Berolahraga Efektif Membantu Mengobati Depresi

Sebaliknya, kebiasaan kecil yang diselipkan ke dalam beberapa rutinitas harian justru bisa menjadi kebiasaan jangka panjang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.