Kompas.com - 15/03/2020, 09:25 WIB
Ilustrasi pasangan ShutterstockIlustrasi pasangan

KOMPAS.com - Dalam mengatur keuangan, akan ada satu momen di mana keluarga perlu mengirit uang demi memenuhi kebutuhan wajib yang lebih penting. Misalnya membeli susu dan popok, membayar tagihan, dan lain sebagainya.

Karena itu, keterbukaan soal keuangan menjadi salah satu hal yang penting dilakukan oleh suami dan istri. Lalu, bagaimana dengan suami yang pelit? Apakah ada cara khusus untuk menghadapinya?

Suami yang pelit mungkin bisa memiliki berbagai alasan. Karena itu, sebaiknya penting untuk melakukan komunikasi terkait kebutuhan dan pengaturan keuangan keluarga yang lebih bijak.

Dalam Journal of Financial Therapy, komunikasi pasangan yang positif dan mengurangi tekanan keuangan terhadap kualitas perkawinan bagi suami. Mengutip Punchng, berikut tips yang bisa dilakukan.

Baca juga: Pahami Kebutuhan Finansial Berikut Sebelum Berkeluarga

1. Pahami penyebabnya
Beberapa orang memang pelit dan tidak ada yang dapat dilakukan agar bisa mengubahnya. Namun, perlu mengetahui apakah suami memang pelit atau memang berhemat.

Istri perlu mencoba memahami mengapa pasangan seperti itu. Biasanya ada alasan utamanya, misal gaji tidak dibayar dengan tepat waktu, atau ingin menghemat uang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Bedakan pelit dengan berhemat," kata Keith Klein, pernecana keuangan bersertifikat dan pemilik Turning Pointe Wealth Management di Phoenix, Amerika Serikat.

Bicaralah dengan suami untuk memahami alasan di balik perilakunya yang pelit daripada mengomel, mengeluh atau menghiraukan.

2. Berkompromi tentang pengeluaran
Sebagai pasangan, penting bagi pasutri untuk berbagi tentang kehidupan finansial. Ken Moraif, senior advisor dari biro perencana keuangan Money Matters di Dallas, Amerika Serikat, berkata bahwa istri harus mencapai kompromi yang cocok dalam soal keuangan keluarga.

Ketika membahas tujuan keuangan, rencanakan berapa banyak uang yang akan disisihkan untuk tujuan tabungan tertentu, seperti untuk masa pensiun atau KPR rumah. Bentuk kompromi ini menjadi tips mengatasi suami pelit terkait keuangan keluarga.

Baca juga: Bijak Membelanjakan Uang dengan Metode Kakeibo dari Jepang

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X