Tips Bersihkan Peralatan Makan Bayi di Masa Pandemi

Kompas.com - 13/05/2020, 11:10 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Bayi termasuk dalam kelompok yang rentan tertular penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya masih berkembang. Salah satu yang bisa dilakukan orangtua untuk melindunginya adalah memberikan vaksin dan menjaga kebersihan peralatan makannya.

Kebersihan barang-barang yang menyentuh mulut bayi, seperti dot, botol susu, teether, dan mainan juga harus diperhatikan, sebab bisa menjadi sumber kuman.

“Selain mengganggu pencernaan, benda yang menyentuh mulut bayi dapat memudahkan jamur tumbuh di rongga mulut, sehingga menyebabkan gejala sariawan,” kata Prof.dr.Rini Sekartini, Sp.A (K).

Untuk itu semua perlengkapan makan bayi sebaiknya harus segera dicuci setelah digunakan, tidak cuma merendamnya. Setelah dicuci, peralatan makan juga bisa disterilkan dengan alat khusus atau pun direbus dengan air mendidih.

Saat mencuci, gunakan sabun yang diformulasikan khusus untuk bayi.

Sabun tersebut biasanya juga bisa digunakan untuk membersihkan sayuran dan buah, karena termasuk food grade.

“Sabun merupakan salah satu yang penting diperhatikan kandungannya. Secara umum sabun mengandung zat aktif yang dapat membersihkan segala macam kotoran yang melekat di peralatan bayi,” kata Rini.

Di masa pandemi ini, merek perlengkapan bayi HUKI, memperkenalkan Baby HUKI Liquid Cleanser.

“Sabun ini aman, bersertifikat halal, termasuk food grade, dan bebas parabaen. Baby HUKI liquid cleanser juga dapat dipakai membersihkan barang belanjaan dari supermarket atau pasar yang telah dipegang banyak orang,” kata Business Unit Director Baby HUKI Franciska P Julia, dalam siaran pers.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X