Ketika Dunia Fesyen Menyikapi Isu Rasialisme akibat Covid-19

Kompas.com - 22/05/2020, 14:44 WIB
Model memakai selempang bertuliskan Who gets to be American dalam peragaan busana Prabal Gurung. GuardianModel memakai selempang bertuliskan Who gets to be American dalam peragaan busana Prabal Gurung.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah menimbulkan sentimen terhadap orang-orang Asia, karena China dianggap sebagai negara yang menyebarkan virus ini.

Di Inggris, tindakan rasial terus terjadi dan kejahatan rasial meningkat sebesar 21 persen. Sedangkan di Amerika, ada peningkatan serangan bermotif rasial terhadap warga Amerika keturunan Asia, seperti dikutip The Guardian.

Komunitas fesyen tidak tinggal diam dan berada di garis depan dalam mengatasi sentimen anti-Asia.

"Peningkatan kekerasan dan diskriminasi benar-benar sangat dekat dengan tempat tinggal kita semua," kata perancang busana AS, Phillip Lim.

"Ketika kita melihat orang-orang yang seperti kita, teman dan anggota keluarga serta rekan kerja kita diserang, kita tidak bisa diam."

Label miliknya, yaitu 3.1 Phillip Lim, dan milik Prabal Gurung adalah beberapa label fesyen yang berkontribusi menyumbangkan pakaian, termasuk kaus dan topi, untuk All Americans Movement.

All Americans Movement sendiri merupakan kampanye untuk membantu mereka yang berasal dari komunitas termarjinalkan akibat pandemi Covid-19.

Menurutnya, kampanye itu merupakan bagian dari gerakan lintas budaya. Ketika semua kelompok minoritas berdiri dan bersatu, arah masa depan yang lebih adil dan damai bisa dicapai.

Baca juga: Muncul Rasisme terhadap Etnis Tionghoa setelah Wabah Virus Corona

"Memasukkan unsur ras ke dalam pandemi virus ini adalah kesalahan informasi yang harus kita lawan untuk memastikan kita mendapat informasi lengkap," kata Gurung.

Lim menyebut bahasa yang bernada menghasut di sekitar Covid-19 memiliki efek negatif. 

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X