Cari Kerja di Tengah Pandemi Covid, Ke Mana Harus Melamar?

Kompas.com - 02/06/2020, 16:14 WIB
Ilustrasi mencari pekerjaan fizkesIlustrasi mencari pekerjaan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mencari pekerjaan di tengah pandemi seperti saat ini mungkin bukanlah situasi yang ideal. Selain pilihan yang lebih terbatas, beberapa perusahaan menutup lowongan kerja mereka untuk sementara waktu.

Lalu, jika kita terpaksa mencari kerja pada situasi saat ini, ke mana harus mencoba melamar?

Banyak perkantoran dan toko ritel ditutup, otoritas kesehatan juga menganjurkan kita untuk berdiam diri di rumah. Oleh karena itu, menurut laporan MarketWatch, kebutuhan berbelanja online cenderung meningkat.

Jadi, para pencari kerja mungkin bisa memeriksa lowongan kerja perusahaan yang bergerak di bidang logistik atau pengiriman.

"Mereka cenderung akan merekrut orang yang datang dari latar belakang berbeda-beda," kata pelatih karier, EB Sanders, kepada MarketWatch.

Perusahaan lainnya yang juga membuka lowongan pekerjaan dalam lingkup global, misalnya Amazon, Walmart, serta perusahaan-perusahaan lainnya yang menjual makanan dan kebutuhan rumah tangga.

Para pakar juga memprediksi, rekrutmen tetap akan berlangsung di perusahaan-perusahaan yang bidang kerjanya berkaitan dengan respons Covid-19.

Misalnya, firma bioteknologi, pemasok perlengkapan medis, rumah sakit dan klinik, pekerja sosial, hingga bidang komunikasi terkait.

Baca juga: Jago Teknologi, Apa Pekerjaan yang Kelak Dipilih Generasi Alfa?

Menurut laporan Fortune, perusahaan-perusahaan teknologi yang karyawannya bisa bekerja dari luar kantor juga diperkirakan masih membuka lowongan kerja.

Situs LinkedIn juga merilis daftar "pekerjaan paling dicari selama pandemi virus corona". Pekerjaan yang masuk daftar tersebut antara lain pekerjaan di bidang logistik, pekerja kesehatan, dan teknologi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X