Kompas.com - 15/06/2020, 23:51 WIB
Ilustrasi nanas yang akan diolah menjadi selai untuk isi nastar. Nastar adalah kue kering khas Lebaran di Indonesia. SHUTTERSTOCK/KOTCHA KIlustrasi nanas yang akan diolah menjadi selai untuk isi nastar. Nastar adalah kue kering khas Lebaran di Indonesia.

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat banyak orang lebih sadar untuk menjaga kesehatan. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi dan vitamin.

Jika kamu menerapkan pola makan sehat, sayur dan buah tentu masuk dalam daftar menu makanan sehari-hari. Di musim panas ini, kamu bisa mempertimbangkan untuk lebih sering mengonsumsi buah nanas.

Bukan hanya enak, segar, dan murah, nanas diketahui memiliki empat manfaat baik untuk kesehatan:

1. Melancarkan Pencernaan

Ini karena nanas mengandung banyak bromelain, yaitu sekelompok enzim yang membantu memecah protein dalam saluran pencernaan kita, yang membuatnya lebih mudah diserap dan karenanya membantu pencernaan kita.

Selain itu, bromelain juga dapat membantu mengganggu perut, peradangan dan bahkan pembengkakan hidung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Makan Durian atau Nanas Saat Hamil Picu Keguguran, Mitos atau Fakta?

2. Melawan Penyakit

Karena nanas sarat dengan antioksidan seperti flavonoid, mengonsumsinya juga dapat membantu mengurangi risiko pengembangan berbagai jenis penyakit, bahkan sesuatu yang fatal seperti kanker.

Bromelain juga berperan dalam peran ini dan penelitian menunjukkan bahwa kanker di kulit, sistem lambung, dan usus kita terhenti.

3. Meningkatkan Imunitas

Tahukah kamu bahwa satu cangkir nanas memeenuhi kebutuhan vitamin C harian? Bersama dengan bromelain, vitamin C membantu meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan, sambil menekan segala peradangan dalam proses tersebut.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi mereka yang ingin mengurangi beberapa kilo, nanas mungkin bisa membantu. Ini karena meski rasanya manis, nanas rendah kalori, membuatnya menjadi alternatif yang bagus untuk memenuhi keinginan makan manis.

Baca juga: Bolehkah Makan Nanas Jika Punya Maag?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.