Kompas.com - 17/06/2020, 07:19 WIB
, SHUTTERSTOCK,

KOMPAS.com - Sudah menjadi semacam mitos bahwa hubungan antara seorang perempuan dengan ibu mertuanya kerap diwarnai ketidakcocokan dan bahkan ketegangan.

Kedua perempuan tersebut -dalam posisi masing-masing, sering kali memiliki pemahaman dan sikapnya sendiri, yang tak jarang berujung pada kondisi yang kurang nyaman.

Meski tentu saja, banyak pula perempuan yang mampu "hidup rukun" dengan mertuanya. Tentu hal tersebut pantas disebut sebagai anugerah, bukan?

 Baca juga: Hindari Konflik dengan Mertua, Ini Kiat Jadi Menantu Idaman

Nah, soal ketegangan dan ketidakcocokan antara seorang wanita dengan ibu mertuanya, bukan tak mungkin memuncak dalam sebuah perdebatan atau bahkan pertengkaran.

Jika hal tersebut telanjur terjadi, apa yang harus dilakukan.

Keputusan untuk memperbaiki hubungan untuk menjadikannya kembali normal amat ditentukan oleh pilihan langkahmu, sebagai anak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seseorang harus mengambil langkah pertama untuk menyembuhkan keretakan -dan menjadi hal yang baik jika anak yang mulai melakukannya. 

Sebagai anak, tentu kamu ingin menjadi lebih bahagia dan tak menjadikan pengalaman buruk dengan mertua sebagai contoh yang buruk. 

Selain itu, ingatlah bahwa mengambil langkah positif dengan ibu mertua tak serta merta membuatmu ada dalam posisi yang salah dalam perdebatan terdahulu.

Baca juga: Ini Harapan Ibu Mertua pada Menantu Perempuannya

Keputuan berdamai tersebut merupakan bentuk pengorbananmu sebagai anak, demi kepentingan yang lebih besar. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.