5 Bekal yang Harus Dimiliki Lulusan Perguruan Tinggi di Era New Normal

Kompas.com - 18/06/2020, 08:00 WIB
Ilustrasi wawancara kerja MangoStar_StudioIlustrasi wawancara kerja

KOMPAS.com – Semakin hari, dunia kerja di Indonesia maupun dunia, lebih kompetitif. Apalagi di era new normal seperti sekarang.

Setidaknya, ada lima aspek yang harus dimiliki lulusan perguruan tinggi agar bisa bersaing ketika terjun ke dunia kerja.

Kelima bekal tersebut adalah:

1. Pengetahuan umum dan khusus

Praktisi media, Elba Damhuri mengatakan, hal pertama yang dicari perusahaan adalah orang yang memiliki pengetahuan umum dan khusus di bidangnya.

Baca juga: Hindari, Melamar Kerja untuk Lebih dari 1 Posisi di 1 Perusahaan

Misal, ketika seseorang melamar ke perusahaan media, lulusan perguruan tinggi itu harus memiliki pengetahuan umum tentang komunikasi, media massa, dan lainnya.

Selain pengetahuan umum, orang tersebut harus memiliki pengetahuan khusus atau skill yang spesifik.

Contohnya di media massa, jurnalis bukan satu-satunya yang diunggulkan. Banyak profesi yang membutuhkan skill khusus, menantang, dan -tentu saja,  bergaji besar.

“Misalnya (keahlian) data analys, SEO expert, dan lainnya,” tutur Elba.

Elba mengungkapkan itu saat dihubungi Kompas.com seusai Fikom Webinar Series #Seri2 Universitas Islam Bandung ( Unisba), belum lama ini.

Baca juga: 8 Tips Sukes Melakukan Wawancara Kerja Secara Virtual

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X