Kompas.com - 21/06/2020, 10:37 WIB
Rumah Kristal Chanel di Amsterdam. Rumah Kristal Chanel di Amsterdam.

KOMPAS.com - Jika melihat kondisi terkini, pandemi virus corona seolah berangsur-angsur mereda.

Walau demikian, perusahaan barang mewah asal Prancis, Chanel, memperkirakan efek virus corona pada perekonomian akan berdampak pada sektor barang mewah setidaknya hingga dua tahun ke depan.

"Kami mengantisipasi lingkungan luar akan terus berdampak negatif terhadap sektor mewah setidaknya selama 18 hingga 24 bulan ke depan," kata CFO Chanel, Philippe Blondiaux dalam wawancara dengan Reuters.

Baca juga: Laris, Rumah Mode Chanel Jual Botol Minum Seharga Rp 79 Juta

Terlepas dari prediksi ini, Chanel telah melihat pertumbuhan 13 persen sejak 2019 dan berharap untuk menutup tahun dengan keuntungan.

Sebelumnya Chanel harus menutup sebagian besar toko ritelnya. Kini hampir 85 persen toko telah dibuka, dengan peningkatan penjualan besar-besaran di China, di mana dalam beberapa minggu mencapai lebih dari 100 persen.

Bisnis Chanel mulai berlanjut di Paris, Milan, dan Berlin, menurut Blondiaux.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kinerja yang sangat baik dengan pelanggan lokal tidak akan bisa mengimbangi absennya bisnis internasional, tidak adanya pengunjung internasional dan fakta bisnis bebas pajak kami masih ditutup," kata Blondiaux.

Dalam rangka menyambut masa depan yang tak pasti, Chanel telah memutuskan untuk mengurangi biaya iklan dan promosi, memangkas produksi, serta mengerjakan ulang peragaan mode.

Sementara itu, perusahaan konsultan Bain & Company mengatakan, sektor barang mewah senilai 310 miliar dollar AS akan anjlok hingga 35 persen di tahun ini.

Baca juga: Produk Fesyen yang Paling Banyak Dicari Selama Pandemi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.