Kompas.com - 10/07/2020, 19:41 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Imunitas tubuh adalah senjata utama untuk menghadapi virus corona di tengah pandemi Covid-19.

Tapi, tahukah kamu, sistem imun tubuh yang sehat didukung oleh usus yang sehat? Pasalnya, sekitar 70% sel yang berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh ditemukan di usus.

Menurut sebuah penelitian, mikrobioma ‘berkomunikasi’ seacara konstan dengan sistem kekebalan tubuh.

Ini berarti, kesehatan usus memengaruhi bagaimana sistem imun tubuh akan merespons mikroba asing, seperti virus atau bakteri yang memasuki tubuh.

Sehinggam sistem imun akan lebih baik dalam memerangi penyakit, jika koloni mikroba usus beragam dan sehat.

Baca juga: Fakta yang Harus Anda Tahu Seputar Imunitas Tubuh

Menurut Dokter spesialis gizi medik dr Hilna Khairunisa Shalihat, M Gizi SpGK, ada 70 persen sistem imun di sekitar usus yang dikenal sebagai gut associated limphoid tissue. Karena itu, sangat penting menjaga kesehatan usus, agar sistem pencernaan tetap sehat dan imunitas tubuh lebih kuat.

“Yang dibutuhkan untuk menjaga imunitas tubuh adalah gizi seimbang, termasuk kebutuhan serat harian yang tak boleh dilewatkan. Dalam sehari tubuh membutuhkan 3-4 porsi sayuran dan 2-3 porsi buah,” kata dr Hilna dalam virtual media gathering Pencernaan Sehat, Imunitas Kuat bersama Fibre First beberapa waktu lalu.

“Konsumsi serat ini juga tidak harus dipenuhi dalam sekali makan, kita bisa membaginya pada saat sarapan, makan siang, dan makan malam atau dikonsumsi sebagai camilan di sela waktu makan. Misalnya, makan buah sebagai camilan di sore hari,” lanjutnya.

Dr. Hilna juga mengingatkan, bahwa asupan sayuran tidak boleh digantikan dengan buah. Apalagi, memenuhi konsumsi serat dari buah juga tak bisa sembarangan. Karena, beberapa jenis buah tinggi fruktosa.

“Semakin matang buah, semakin tinggi kandungan fruktosanya, terutama pada buah seperti pisang dan nanas,” ujarnya.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Ini 3 Langkah Sederhana Menjaga Imunitas Tubuh

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X