Selain Wangi, Minyak Cendana Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan

Kompas.com - 14/07/2020, 14:58 WIB
Ilustrasi minyak cendana shutterstockIlustrasi minyak cendana
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kamu tentu sudah sering mendengar tentang sandalwood oil atau minyak cendana. Minyak yang satu ini memang sering digunakan sebagai bahan pembuat parfum atau pengharum. Aromanya yang eksotis membuat minyak ini disukai banyak orang.

Namun, siapa sangka, minyak cendana rupanya tidak hanya menghadirkan keharuman, tetapi berguna bagi kesehatan. Mungkin kamu tidak pernah menduga bahwa minyak cendana memiliki khasiat untuk kesehatan.

Minyak cendana ternyata tidak hanya “laku keras” di pasar minyak wangi, tetapi juga di dunia medis. Sebab, minyak cendana termasuk dalam kategori minyak atsiri alias essential oil, yang aromanya dipercaya bisa bermanfaat untuk kesehatan.

Perlu diketahui, minyak cendana sendiri terbuat dari kayu dan akar Santalum album, pohon yang dianggap sangat berharga karena kayunya menghasilkan aroma yang wangi.

Penggunaan minyak cendana sebagai obat memang kebanyakan ditemukan dalam ranah pengobatan tradisional. Namun, beberapa riset membuktikan bahwa minyak cendana bisa mengatasi berbagai kondisi medis.

1. Meningkatkan kewaspadaan

Sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Planta Medica menemukan bahwa aromaterapi dari minyak cendana bisa meningkatkan denyut nadi, tekanan darah, dan juga produksi keringat. Ini menjadi temuan yang membuktikan bahwa menghirup minyak minyak cendana bisa meningkatkan kewaspadaan.

2. Mengatasi gangguan kecemasan

Sebuah riset yang diterbitkan dalam jurnal Complementary Therapies in Clinical Practice menyatakan melakukan sesi pijat sambil menghirup aroma wangi minyak cendana, berpotensi mengatasi gangguan kecemasan.

3. Mempercepat proses penyembuhan luka

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X