Cukup 10 Menit, Tidur Siang Efektif Perbaiki Mood

Kompas.com - 11/08/2020, 12:48 WIB
Ilustrasi tidur di kantor CreatasIlustrasi tidur di kantor
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tidak semua orang punya keleluasaan untuk tidur siang setiap harinya. Jika mendapatkan kesempatan itu, tentu sebisa mungkin kita tidur siang, kan?

Tak perlu berjam-jam, sebenarnya tidur siang selama 10 menit saja sudah sangat baik untuk kesehatan.

Justru, tidur terlalu lama selama berjam-jam dapat mengganggu siklus tidur di malam hari. Tidur siang bisa meningkatkan kewaspadaan dan menghindari seseorang merasakan mood swing.

Selain untuk orang dewasa, manfaat tidur siang bagi anak juga dapat meningkatkan IQ-nya.

Ketika seseorang mendapatkan tidur siang yang baik selama 10-20 menit, artinya sudah memasuki tahapan tidur kedua. Tak perlu sampai tahap kelima, sebenarnya ini sudah cukup membuat tubuh kembali segar.

Apabila tidur siang terlalu lama hingga berjam-jam, artinya sudah memasuki fase deep sleep. Fase ini akan membuat otak lebih tidak tanggap merespons stimulus eksternal.

Akibatnya, ketika bangun tidur justru merasa lesu dan bingung. Kondisi ini disebut sleep inertia.

Bahkan jika siklus tidur seseorang tidak teratur di malam harinya, maka gejala-gejala sleep inertia ini bisa jadi lebih parah dan lama.

Baca juga: Pentingnya Tidur Siang demi Kebugaran dan Peforma Tubuh

Lebih jauh lagi, tidur siang dengan durasi terlalu lama bisa membuat seseorang sulit mendapatkan tidur malam yang berkualitas.

Meningkatnya risiko mengalami insomnia dan mood swing ini bisa terjadi apabila seseorang tidur siang lebih dari 60 menit, dibandingkan dengan mereka yang sama sekali tidak tidur siang. Faktor lain seperti usia, kondisi kesehatan, dan pola tidur juga turut berperan.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X