7 Manfaat Gerakan Mountain Climbers untuk Kesehatan Tubuh

Kompas.com - 11/08/2020, 13:34 WIB
. Getty Images/iStockphoto.

KOMPAS.com — Untuk kamu yang ingin memulai olahraga di rumah, ada baiknya memasukkan gerakan mountain climbers, atau gerakan mendaki gunung, dalam latihanmu.

Gerakan dasar ini dikemas dengan banyak manfaat, dan merupakan pokok dalam High-intensity interval training (HIIT) dan latihan kekuatan.

Tapi pertama-tama, bagaimana melakukan gerakan mountain climbers?

Mulailah dengan posisi seperti akan melakukan push up dengan tangan tepat di bawah bahu dan kaki terentang di belakang.

Baca juga: Lakukan Gerakan Ini untuk Melenturkan Otot Pinggul yang Kaku

Dorong lantai menjauh dari tubuh dan lihat ke depan secara diagonal. Tubuh harus harus dalam garis lurus. Tekuk satu lutut dan tarik ke dada, lalu luruskan di belakang. Ulangi di sisi lain, bergantian tanpa henti, seperti orang yang sedang menaiki gunung.

Semakin cepat, semakin eksplosif latihannya. Cegah pinggul agar tidak bergeser dengan mengencangkan bagian tengah dan glutes ( otot yang berperan dalam pergerakan pinggul).

Untuk memastikan apakah kamu benar-benar melatih otot yang tepat, bayangkan menyeimbangkan segelas air di punggung saat kaki bergerak ke depan dan ke belakang.

Bila sudah akan memulai, ada baiknya kamu simak tujuh alasan mengapa gerakan ini sangat bermanfaat bagi tubuh:

1. Sangat efisien

Mountain climbers adalah latihan gabungan yang melatih beberapa sendi dan otot secara bersamaan, dari leher hingga kaki.

Halaman:


Sumber Shape
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X