Mengenal Genitri, Buah yang Dianggap Tetesan Air Mata Dewa

Kompas.com - 21/08/2020, 18:57 WIB
Ilustrasi biji genitri shutterstockIlustrasi biji genitri
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Di Indonesia, terdapat tak kurang dari 30.000 spesies tumbuhan dan baru 200 di antaranya yang telah dimanfaatkan sebagai bahan baku industri obat tradisional.

Salah satu tanaman herbal yang belum banyak disentuh untuk kesehatan masyarakat Tanah Air adalah buah genitri atau dikenal juga dengan rudraksha.

Genitri (Elaeocarpus sphaericus Schum) adalah jenis tumbuhan berbiji yang pohonnya bisa tumbuh hingga ketinggian 25-30 meter.

Batang pohon ini tegak dan bulat berwarna cokelat, sementara daunnya bergerigi di sepanjang bagian tepinya dan meruncing di bagian ujung.

Buah genitri sendiri berbentuk gandul (bulat dan kecil) dengan diameter sekitar 2 centimeter. Kulit buahnya berwarna hijau ketika masih muda dan akan berubah menjadi biru cerah ketika sudah matang.

Di India, negara yang paling banyak menggunakan buah ini, pohon genitri juga tumbuh subur dan disebut sebagai tanaman rudraksha.

Orang Hindu meyakini pohon rudraksha tumbuh berkat adanya tetesan air mata Dewa Siwa yang jatuh di atas tanaman tersebut.

Sekalipun merupakan negara yang paling banyak memanfaatkan genitri, India bukanlah penghasil buah yang satu ini.

Negara yang paling banyak memproduksi buah genitri adalah Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah, Sumatera, Kalimantan, dan Bali.

Kandungan buah genitri

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X