Kompas.com - 08/09/2020, 16:46 WIB
Ilustrasi deodoran shutterstockIlustrasi deodoran

KOMPAS.com - Deodoran menjadi senjata wajib untuk mencegah bau badan, terutama ketika banyak beraktivitas di luar ruangan.

Namun, sebagian orang memiliki alergi pada kandungan dalam deodoran. Efeknya adalah mengalami ruam, kemerahan, atau sensasi terbakar di area ketiak karena menggunakan deodoran tertentu.

Pada kasus terparahnya bahkan bisa mengalami peradangan atau kulit mengelupas.

Jika kamu mengalami hal tersebut, hal pertama yang harus dilakukan adalah berhenti menggunakan deodoran tersebut. Namun, ruam ketiak juga bisa menjadi indikasi bahwa kamu sensitif terhadap bahan tertentu dalam deodoran.

Kulit ketiak sangat tipis, sehingga wajar jika seseorang mengalami sensitivitas di area tersebut, meskipun tidak mengalami iritasi di area tubuh lainnya.

Baca juga: Kulit Sensitif Jangan Asal Pakai Skin Care, Simak Tipsnya

"Kulit ketiak sangatlah tipis dan akan bereaksi terhadap lebih banyak bahan, daripada bagian tubuh lainnya," kata Nava Greenfield, M.D. dari Schweiger Dermatology Group di New York City, seperti dilansir Mind Body Green.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ruam yang terjadi bisa disebabkan oleh beberapa hal. Seperti alergi bahan tertentu atau reaksi iritasi. Keduanya cenderung sama, sehingga agak sulit untuk menemukan indikasi ruam yang dirasakan.

Reaksi alergi adalah respons peradangan di kulit dan umumnya ditemukan oleh dokter setelah melalui pemeriksaan.

Sementara iritasi, atau terkadang disebut dermatitis kontak, biasanya lebih jarang daripada penyebab karena alergi dan umumnya terjadi karena paparan berulang dari bahan yang mengiritasi.

Jika ruam terjadi berulang dan berkepanjangan, dan kamu kesulitan menemukan pemicunya, cobalah berkonsultasi dengan dokter.

Baca juga: Kulit Ketiak Hitam? Coba Atasi dengan Lemon

Beberapa bahan dalam deodoran yang pada umumnya memicu alergi atau iritasi, antara lain:

1. Pengawet tertentu

Ketika mendengar "pengawet dalam deodoran", mungkin kamu teringat bahan "paraben" atau "triklosan".

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.