6 Cara Mudah Membujuk Anak Mau Minum Obat

Kompas.com - 15/09/2020, 09:10 WIB
Ilustrasi anak sakit gigi TolikoffPhotographyIlustrasi anak sakit gigi

KOMPAS.com - Membujuk anak agar mau minum obat adalah tantangan berat bagi orangtua. Tentu kita tidak ingin si kecil menjadi trauma karena dipaksa minum obat, tetapi jika dibiarkan penyakit anak tidak kunjung sembuh.

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar momen minum obat tidak menjadi pengalaman yang mengerikan bagi anak.

1. Jelaskan kenapa perlu minum obat

Jika anak sudah cukup besar, bantulah mereka memahami kenapa perlu minum obat. Beri pemahaman bahwa minum obat bisa membuat mereka kembali sehat serta kembali bermain dengan teman-temannya seperti sebelumnya.

Terkadang anak tidak memahami hubungan itu, terutama jika tidak suka dengan rasa obat yang mereka minum. Jadi, bantulah mereka memahami itu.

Baca juga: Kelelahan dan Sakit Kepala, Gejala Umum Covid-19 pada Anak

2. Pilih jenis obat yang tidak bikin stres

Beberapa obat menyediakan pilihan jenis. Jadi, tanyakan pada dokter pilihan yang lebih mudah bagi anak. Misalnya, obat dengan jenis kapsul bisa dibuka dan dicampurkan ke dalam makanan, sehingga lebih gampang dikonsumsi, daripada harus meminta anak menelan obat jenis pil atau puyer menggunakan sendok.

3. Menguatkan anak

Anak cenderung akan mudah setuju jika mereka dilibatkan dan pendapatnya didengarkan. Jika hal itu memungkinkan, biarkan anak memilih preferensi mereka, misalnya soal rasa obat atau waktu minum obat.

Semakin mereka merasa mampu mengontrol situasi, biasanya akan semakin kecil resistensi mereka terhadap situasi.

Baca juga: Waspada Gejala Usus Buntu pada Anak dan Bayi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber wonderwall
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X