Bingung Memilih Cincin Kawin? Ini Tips-nya

Kompas.com - 26/09/2020, 19:16 WIB
Ilustrasi cincin kawin shutterstockIlustrasi cincin kawin
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak pasangan masih bingung saat memilih cincin kawin. Bahkan beberapa orang yang sudah menikah pun sempat kecewa dengan cincin yang mereka miliki, karena saat membeli kurang mempertimbangkan dengan baik.

Lalu apa yang harus diperhatikan?

Sebelumnya kita harus mengerti dulu perbedaan antara cincin kawin dengan cincin pertunangan.

Dalam beberapa budaya, terutama di barat, orang membedakan cincin pertunangan dengan cincin kawin, walau di Indonesia umumnya orang hanya mengadopsi budaya memakai cincin kawin saja.

"Bila kita lihat di film-film ada cowok berjongkok dan melamar kekasihnya dengan cincin, nah cincin yang diberikan itu adalah cincin pertunangan," ujar Creative Director PT Central Mega Kencana (CMK), Tanya Alissia dalam acara Live Instagram Kompas Lifestyle, Sabtu (26/9/2020), mengenai "Cara Memilih Cincin Pertunangan dan Pernikahan yang Tepat".

Cincin untuk melamar ini biasanya berupa solitaire ring atau cincin bermata tunggal, walau pilihannya tergantung selera. Cincin ini hanya dikenakan pihak perempuan dan yang memberi adalah pasangannya.

Baru pada saat menikah, keduanya mengenakan cincin yang serupa. Biasanya cincin kawin ini bentuknya lebih simpel karena akan dipakai selamanya.

Baik cincin pertunangan maupun cincin kawin jaman sekarang biasanya memakai berlian. Kebiasaan ini sedikit berubah dibanding cincin kawin jaman dulu yang polos.

Nah adanya berlian ini membuat pemilihan cincin kawin harus dilakukan lebih teliti. Jangan sampai kita salah membeli barang yang menjadi simbol cinta kita pada pasangan.

Menurut Tanya Alissia ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli cincin kawin. Apa saja?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X