Mengenal 4 Jenis Sakit Kepala Sebelah, Apa Saja?

Kompas.com - 28/09/2020, 20:26 WIB
ilustrasi sakit kepala Shutterstock/metamorworksilustrasi sakit kepala

KOMPAS.com - Sakit kepala adalah salah satu penyakit umum yang bisa menyerang siapa saja. Jenis sakit kepala dan penyebabnya juga bervariasi.

Meski terdengar sepele, sakit kepala bisa mengganggu rutinitas harian. Karena itu, ada baiknya kita memerhatikan dengan cermat jenis sakit kepala apa yang kita rasakan.

Apabila kita mengalami sakit kepala sebelah atau hanya di satu sisi, sebaiknya kita memeriksakan kondisi ke dokter.

Baca juga: Kelelahan dan Sakit Kepala, Gejala Umum Covid-19 pada Anak

Jenis sakit kepala sebelah tidak selalu sama, dan membutuhkan pemeriksaan secara menyeluruh sebelum dilakukan pengobatan.

Menurut Emad Estemalik, seorang dokter spesialis, ada beberapa hal yang akan menjadi fokus dokter untuk mengidentifikasi penyebab sakit kepala sebelah pada pasien.

Pertama, apakah sakit kepala sebelah muncul secara tiba-tiba dan hilang, atau terjadi secara terus-menerus.

Lamanya sakit kepala sebelah berlangsung, juga bisa membantu dokter mendeteksi jenis sakit kepala sebelah yang kita rasakan.

Ada empat jenis sakit kepala sebelah, yakni:

1. Sakit kepala cluster (cluster headache)

Jenis sakit kepala ini lebih rentan menyerang pria. Cluster headache umumnya terjadi saat musim tertentu, berlangsung selama 15-180 menit.

Baca juga: Sakit Kepala dan Vertigo, Apa Bedanya?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X