Hidup Sehat dengan Berpikir Positif

Kompas.com - 05/10/2020, 08:48 WIB
Ilustrasi bersyukur shutterstockIlustrasi bersyukur
Editor Wisnubrata

Programkanlah diri kita untuk berpikir dan merasakan hal-hal yang positif tentang diri kita dan orang lain, maka kita akan merasakan hal yang luar biasa, terutama secara fisik.

Gunakanlah kekuatan pikiran untuk mempengaruhi tubuh dan “healing system” dalam badan kita, sehingga menumbuhkan sikap dan cara berpikir yang akan menghasilkan kekuatan positif pada seluruh sistem dalam tubuh untuk menjadi sehat.

Itu yang dikatakan oleh Claes Frostell, MD dari Karolinska University Hospital Huddinge Stockholm, Swedia.

Tentu saja tidaklah sesederhana itu untuk memperoleh kondisi tubuh yang sehat, karena masih ada banyak faktor lainnya yang sangat mempengaruhi kesehatan seseorang antara lain makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, life style dan olah raga misalnya.

Arthur Brownstein,MD. dalam bukunya Extraordinary Healing, The Amazing Power of Your Body’s Secret Healing System antara lain menyebutkan bahwa “kodrat” nya tubuh manusia adalah “sehat” dan memiliki potensi untuk hidup pada sekitaran usia 100 tahun.

Tubuh manusia memiliki kemampuan yang luar biasa untuk menahan penyakit (imun system) dan juga menyembuhkan diri sendiri (healing system).

Proses penyembuhan seseorang bila sedang menderita penyakit berasal dari dirinya sendiri. Pengobatan, terapi dokter dan lain sebagainya hanyalah unsur pembantu belaka, karena kunci penyembuhan tubuh manusia berasal dari dirinya sendiri.

Baca juga: Kekuatan Pikiran, Rahasia Zlatan Ibrahimovic Lawan Covid-19

Diantaranya adalah system imun dan healing system yang memegang peran aktif. Pada titik inilah tempat bertemunya perkembangan ilmu pengetahuan tentang pengobatan modern dengan pengobatan tradisional, spiritual, serta penggunaan herbal dan berbagai jamu.

Demikianlah, maka kita sering menjumpai beberapa kenyataan dari kasus orang-orang yang secara medis sudah tidak bisa diobati akan tetapi kemudian bisa sembuh dengan menjalani pengobatan tradisional, spiritual, atau sering dikatakan sebagai cara pengobatan alternatif.

Tidak semua penyakit dapat disembuhkan oleh ilmu pengobatan modern, seperti juga tidak semua penyakit dapat disembuhkan dengan cara pengobatan alternatif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X