Kompas.com - 08/10/2020, 06:06 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
Editor Wisnubrata

 

KOMPAS.com - Isu mengenai gaya hidup keberlanjutan (sustainability) saat ini sedang menjadi tren, khususnya di kalangan anak-anak muda.

Apalagi, ketika aktivis lingkungan asal Swedia, Greta Thunberg (17 tahun) melakukan aksi protesnya soal dampak kerusakan lingkungan yang diikuti demonstrasi di lebih dari 150 negara.

Tentunya, demonstrasi tersebut hanyalah gebrakan awal saja. Tapi bagaimana sih caranya kita bisa benar-benar berkontribusi dalam hidup yang berkelanjutan?

Berikut ini ada beberapa tips mengubah kebiasaan konsumtif kita menjadi lebih ramah lingkungan seperti dilansir dari laman Highsnobiety.

1. Pakai botol air minum yang reusable

Memakai botol air minum yang bisa digunakan kembali (reusable) mencegah kita untuk membeli air kemasan plastik terus-menerus. Selain bisa mengurangi sampah, kita juga jadi berhemat pengeluaran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejumlah merek fesyen ternama sudah mulai terjun dalam langkah hidup keberlanjutan ini.

Misalnya saja Prada yang mengeluarkan botol air minum berbahan logam pada bulan Maret. Kemudian, brand Off-White ™ yang merilis kantung botol tahun lalu.

Baca juga: 5 Hal Penting Saat Memilih Botol Minum

2. Membeli barang-barang bekas

Terkadang kita tidak harus selalu membeli barang-barang baru. Cobalah melihat barang-barang bekas yang mungkin memiliki gaya vintage, serta harga yang murah meriah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.