Kompas.com - 12/10/2020, 16:48 WIB
Ilustrasi jatuh cinta shutterstockIlustrasi jatuh cinta

KOMPAS.com – Meski sudah banyak kecocokan, menciptakan hubungan yang langgeng tetap bukan perkara mudah. Banyak hal yang harus dilakukan untuk menjaga keterikatan di antara pasangan.

Cinta memang penting dalam suatu hubungan, tapi bukan satu-satunya. Sebab rasa cinta itu bisa memudar dan membuat hubungan menjadi renggang. Bila dibiarkan, hubungan bisa berakhir.

Berikut hal-hal yang bisa merenggangkan hubungan dan cara menanganinya.

1. Jarang menghabiskan waktu bersama

Sering orang mengatakan ia menerima pasangannya apa adanya. Namun di sisi lain, ia jarang menghabiskan waktu bersama pasangannya.

Hal itu membuat pasangannya bertanya-tanya apakah dirinya memang diterima apa adanya atau malah sebenarnya ada kekurangan sehingga jarang menghabiskan waktu bersama.

Pertanyaan negatif seperti itu bisa membuat hubungan menjadi jauh. Oleh karenanya, coba luangkan waktu untuk membuat kenangan bersama pasangan dan biasakan untuk memuji dirinya agar ia tahu dirinya berarti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Menerima Pasangan Apa Adanya Tidaklah Sulit

2. Tidak ada hubungan emosional

Di awal hubungan, pasangan merasa saling terikat secara emosional satu sama lain. Tapi perlahan hal itu bisa saja hilang dan digantikan dengan pemahaman serta kepercayaan.

Saling memahami dan rasa percaya memang baik dalam suatu hubungan. Namun tetap harus ada ikatan emosional yang membuat pasangan merasa terhubung satu sama lain.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.