Kompas.com - 20/10/2020, 17:36 WIB

KOMPAS.com - Sejak K-beauty menjadi tren kecantikan, semakin banyak orang yang senang menggunakan sheet mask untuk merawat kulit wajahnya.

Penggunaan yang lebih mudah, yaitu hanya ditempelkan ke wajah, menjadi salah satu alasan banyak yang menyukai sheet mask.

Selain itu, di dalam sheet mask terkandung bahan-bahan yang bisa menutrisi kulit.

Menurut dermatolog dr Ricky F. Maharis, SpKK sebaiknya sheet mask dipakai malam hari sebelum tidur.

"Di malam hari ketika tidur reparasi kulit lebih maksimal. Jadi kalau pakai sheet mask di malam hari penetrasi dari active ingredients dan moisturizer akan lebih bagus dan dikelola lebih baik oleh kulit."

Begitu kata dr Ricky dalam peluncuran Oh K! yang digelar virtual, Selasa (20/10/2020).

Baca juga: Tips Pakai “Sheet Mask” Agar Kulit Wajah Tampil Cerah

Namun perlu diingat, hindari pemakaian sheet mask dalam waktu berlebihan apalagi sampai terbawa tidur.

Sebab hal itu bisa memunculkan masalah kulit pada beberapa orang. Sebaiknya sheet mask dipakai selama 10-20 menit saja.

"Pada beberapa orang yang kulitnya sensitif, pakai sheet mask sampai ketiduran bisa bikin gampang jerawatan dan komedoan," ucap dr Ricky.

Selain itu, di dalam sheet mask terkandung acid yang apabila dipakai terlalu lama bisa menyebabkan iritasi kulit. Kondisi ini bisa membuat kulit menjadi perih.

Product manager dari PT Natural Nutrindo Nurhayatini menambahkan, jika pemakaian sheet mask dibawa tidur, dikhawatirkan bisa mencuri kelembapan kulit.

"Sheet mask itu 'kan berupa lembaran tisu yang memberikan kelembapan di kulit. Kalau sampai kering dikhawatirkan bisa malah bisa mencuri kelembapan, jadi cukup dipakai maksimal 20 menit," imbuhnya.

Baca juga: Jerawatan Setelah Pakai Sheet Mask, Tanda Produk Tidak Cocok?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.