Karya Jean-Michel Basquiat dalam Produk Coach, Seperti Apa?

Kompas.com - 23/10/2020, 15:48 WIB
Coach X Jean Michel Basquiat CoachCoach X Jean Michel Basquiat
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jean-Michel Basquiat seorang seniman grafitti yang mengawali karirnya sebagai pelukis jalanan. Dia banyak menghasilkan karya-karya seni lukis kontemporer dengan isu-isu sosial.

Seniman yang populer dengan logo mahkota berwarna kuning itu meninggal pada 12 Agustus 1988 di usianya yang ke-27 tahun. Namun bisa dibilang, saat inilah karyanya paling dihargai.

Lukisan-lukisan Basquiat yang terlihat seperti coretan anak kecil baru-baru ini memecahkan rekor sebagai lukisan termahal di beberapa balai lelang.

Banyak brand ternama juga menjadikan karya Basquiat sebagai inspirasi dan tema koleksinya. Salah satunya adalah rumah mode asal New York, Coach, yang memperkenalkan koleksi terbaru hasil kolaborasi dengan Jean-Michel Basquiat.

Baca juga: Jennifer Lopez Bergaya untuk Promo Kolaborasi Coach X Basquiat

Coach X Jean Michel BasquiatCoach Coach X Jean Michel Basquiat
Koleksi Coach dan Jean-Michel Basquiat pertama kali dipresentasikan melalui runway pada bulan Februari 2020 lalu sebagai bagian dari koleksi Musim Gugur, sekaligus memperkenalkan karya seni dan nilai Basquiat kepada generasi baru dalam tema keluarga.

Beberapa produk yang diluncurkan antara lain sling bag dan tas pinggang untuk pria maupun wanita, yang dihiasi dengan gambar-gambar khas Basquiat.

Peluncuran koleksi ini juga melibatkan sejumlah selebriti ternama yang sudah lama menjadi wajah-wajah Coach yaitu Jennifer Lopez, Michael B.Jordan, Jeremy Lin, Yang zi dan sang keponakan Basquiat, Jessica Kelly, serta anggota lain dari keluarga besar Coach.

“Basquiat adalah salah satu inspirasi saya” ujar Direktur Kreatif Coach, Stuart Vevers melalui siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (23/10/2020).

“Dia mewujudkan semangat kreatif dan inklusif dari kota New York dan merupakan kekuatan untuk perubahan dalam komunitasnya. Saya bangga bisa merayakan karya dan nilai-nilainya serta membantu membawa mereka ke generasi baru," sambung dia.

Baca juga: Lukisan Termahal di Dunia pada Sepatu Dr Martens

Coach X Jean Michel BasquiatCoach Coach X Jean Michel Basquiat
Adapun cerita yang diangkat dalam kampanye global ini adalah tentang keluarga yang dipersatukan oleh visi Basquiat yaitu keberanian untuk berekspresi dan aktivisme melalui sebuah karya seni.

"Mereka melakukan pekerjaan yang sangat hebat dalam menangkap semangat dan energi karya Jean-Michel. Kami selalu menjadi penggemar Coach, sehingga ini adalah proyek impian bagi kami," kata Jeanine Basquiat, saudara perempuan Basquiat sebagai perwakilan keluarga.

Untuk merayakan kampanye tersebut, Coach juga memperkenalkan serangkaian film pendek pertama, yang mana para pemerannya membahas pentingnya sebuah keluarga, seni, dan warisan Basquiat dengan mengundang anggota komunitas untuk bergabung dalam percakapan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X