Usir Lalat Buah dengan Cara Ini

Kompas.com - 25/10/2020, 17:20 WIB
Ilustrasi lalat buah shutterstockIlustrasi lalat buah
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pernahkah kamu melihat makhluk kecil mengelilingi pisang atau buah-buahan lain yang terlalu matang? Makhluk tersebut kemungkinan besar adalah lalat buah. Tidak hanya sekadar mengganggu, lalat buah juga bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Lalat buah dapat muncul di dapur atau tempat sampah. Serangga ini sangat tertarik pada buah atau sayur yang matang dan busuk, misalnya pisang, melon, tomat, labu, apel, bawang, dan kentang.

Seekor lalat buah betina dapat menghasilkan sampai 2000 telur di permukaan yang lembap dan membusuk. Dalam waktu 30 jam, belatung kecil akan menetas dan mulai memakan makanan yang busuk.

Setelah dua hari, belatung sudah menjadi lalat dewasa dan siap kawin. Lalat ini dapat membawa organisme penyebab penyakit, seperti Salmonella dan E.coli, saat merangkak dan makan.

Ketika lalat buah menempel pada makanan dan bertelur di sana, makanan tersebut akan terkontaminasi sehingga berpotensi menyebarkan penyakit pada manusia.

Baca juga: Dihinggapi Lalat, Masih Bolehkah Makanan Dikonsumsi?

Beberapa penyakit yang dapat ditularkan oleh lalat buah, antara lain:

  • Diare
  • Disentri
  • Tifus
  • Kolera
  • Trakoma
  • Poliomielitis
  • Difteri kulit
  • Mikosis
  • Kusta

Bukan hanya pada makanan, lalat buah juga dapat berkembang biak di saluran pembuangan, tempat sampah, botol dan kaleng kosong, kain pel, atau kain pembersih.

Meski pertumbuhannya cepat, lalat buah hanya mampu bertahan hidup selama 8-15 hari. Akan tetapi, kita tetap perlu mengusirnya agar tidak menularkan penyakit.

Baca juga: 10 Bahan Alami untuk Usir Kecoak dari Rumah

Cara mengusir lalat buah

Berikut adalah beberapa cara mengusir lalat buah yang bisa kita lakukan di rumah:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X