Kompas.com - 01/11/2020, 18:00 WIB
Ilustrasi DragonImagesIlustrasi

KOMPAS.com - Rutin olahraga terbukti tidak cuma meningkatkan kebugaran tubuh, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan otak. Bahkan peregangan sederhana sekali pun bisa memberikan manfaat.

"Peregangan statis dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otak, mengurangi stres dan ketegangan, serta membantu memperbaiki suasana hati," kata Nailah Abdulbaaqee, MD dari One Medical.

Lebih lanjut ia menjelaskan, peregangan membuat pikiran dan tubuh berinteraksi.

Selain itu, adanya peningkatan aliran darah ke otak dapat menambah energi, memperbaiki suasana hati, dan menjernihkan mental. Hal ini membuat seseorang lebih siap untuk menjalani aktivitas hariannya.

Instruktur yoga Ali Duncan mengatakan, peregangan tidak hanya tentang pemanasan atau pendinginan. Peregangan juga dapat menenangkan pikiran.

"Menghirup napas lebih dalam dan panjang lalu menghembuskannya lebih lama dapat memicu sistem saraf parasimpatis," kata Duncan.

Baca juga: Peregangan dan Latihan Pernapasan Bantu Tidur Lebih Nyenyak

"Jenis pernapasan ini dapat menenangkan bagian yang melawan pada otak sehingga memungkinkan tubuh untuk lebih rileks," tambahnya.

Semakin tenang pikiran maka semakin mudah untuk berpikir jernih.

Latihan napas

 

Ducan mengingatkan, saat melakukan peregangan jangan hanya berfokus pada gerakan tapi juga pada napas.

Halaman:


Sumber Bustle
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X