Kompas.com - 04/11/2020, 09:00 WIB
Minum air panas fizkesMinum air panas

KOMPAS.com - Minum air dapat menjaga tubuh tetap sehat dan terhidrasi.

Namun, rutin minum air hangat ternyata memiliki sejumlah manfaat lebih, ketimbang kita minum air dingin.

Beberapa di antaranya memperlancar pencernaan, meredakan hidung tersumbat, hingga sebagai bagian dari relaksasi.

Penelitian merekomendasikan air hangat tersebut memiliki suhu berkisar 54-71 derajat Celcius.

Sementara suhu di atas itu dianggap terlalu panas dan dapat merusak jaringan di kerongkongan, membakar indra perasa, serta menyebabkan lidah melepuh.

Namun, secara umum, minum air hangat tidak memiliki efek berbahaya dan aman digunakan sebagai obat.

Beberapa manfaat rutin minum air hangat tersebut, antara lain:

1. Meredakan hidung tersumbat
Dilansir Healthline, secangkir air hangat dapat menghasilkan uap. Mengonsumsinya sambil menghirup uap lembut tersebut dalam-dalam dapat membantu melonggarkan hidung tersumbat dan bahkan meredakan sakit kepala sinus.

Karena kita memiliki selaput lendir di seluruh leher dan tubuh bagian atas, minum air hangat dapat membantu menghangatkan area tersebut dan meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir.

Menurut sebuah penelitian tahun 2008, minum minuman hangat, seperti teh, dapat memberikan kelegaan yang cepat dan tahan lama dari hidung meler, batuk, sakit tenggorokan, hingga kelelahan.

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X