Kompas.com - Diperbarui 19/09/2021, 21:11 WIB
Ilustrasi bercinta shutterstockIlustrasi bercinta

KOMPAS.com - Beberapa orang mengalami rasa sakit di malam pertama saat melakukan hubungan seks pertama kali, sementara sebagian lainnya tidak melaporkan rasa sakit sama sekali.

Pengalaman melepas keperawanan memang bisa berbeda-beda bagi setiap individu.

Namun, bagi mereka yang merasakan sakit di malam pertama, ada beberapa strategi yang bisa diterapkan sebagai cara mengurangi rasa sakit di malam pertama sehingga momen tersebut terasa lebih memuaskan.

Dilansir Medical News Today, keperawanan bukanlah istilah medis dan setiap orang bisa jadi memandangnya secara berbeda pula.

Namun, bagi banyak orang, istilah ini mengacu pada pentrasi seks melalui vagina.

Pahamilah bahwa penetrasi seks bisa terasa menyakitkan karena berbagai hal, bukan hanya karena hilangnya keperawanan.

Beberapa orang meyakini itu disebabkan oleh robeknya selaput dara atau lapisan tipis yang menutupi vagina yang dialami beberapa orang saat pertama kali berhubungan seks.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, tidak semua orang memiliki selaput dara, dan bahkan jika mereka memilikinya, selaput dara mungkin tidak robek saat berhubungan seks.

Rasa sakit di malam pertama juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti kurangnya lubrikasi, kecemasan yang menyebabkan kejang otot, atau pasangan yang terlalu terburu-buru atau seks yang terlalu bersemangat.

Baca juga: 9 Hal Penting yang Perlu Diketahui Sebelum Hubungan Intim Pertama Kali

Cara mengurangi rasa sakit di malam pertama

Cara mengurangi rasa sakit di malam pertama adalah mencegahnya dengan membangun komunikasi yang baik dengan pasangan.PEXELS/ANDREA PIACQUADIO Cara mengurangi rasa sakit di malam pertama adalah mencegahnya dengan membangun komunikasi yang baik dengan pasangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.