Kompas.com - 04/01/2021, 15:31 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Memiliki kakak, terutama kakak perempuan, ternyata dianggap lebih menguntungkan bagi seorang anak. Penelitian mengungkap, balita yang tumbuh bersama saudara perempuan cenderung lebih sukses.

Laporan yang diterbitkan di Center for Global Development di Washington DC, Amerika Serikat, menyebut, anak yang dibesarkan bersama kakak perempuan lebih sukses dalam hidup, ketimbang bersama saudara laki-laki.

Tim peneliti mempelajari hubungan antara anak usia balita dengan saudara mereka yang lebih tua. Ternyata, kakak perempuan lebih mungkin menghabiskan waktu bermain dan membaca dengan adik mereka.

Membaca dan bermain adalah dua kegiatan yang membantu proses perkembangan anak.

"Kami tahu anak-anak dengan orangtua yang lebih berpendidikan memiliki kosakata lebih baik dan itu berlaku pada ibu yang lebih berpendidikan," kata co-author studi, Owen Ozier, profesor ekonomi di Williams College di Williamstown, Massachusetts, AS.

"Yang terlihat dalam studi kami adalah, anak dengan kakak perempuan (bukan kakak laki-laki) memiliki skor perkembangan seperti anak yang diasuh ibu yang bersekolah lebih tinggi," imbuhnya.

Baca juga: Jika Kakak Cemburu dengan Kehadiran Adik Baru

Selama ini penelitian tentang perkembangan anak berfokus pada peran orangtua dalam mengajarkan keterampilan kepada anak.

"Saudara kandung juga berperan besar bagi perkembangan anak, apalagi di saat orangtua disibukkan oleh pekerjaan," kata salah satu tim studi Pamela Jakiela, profesor ekonomi di Williams College.

Temuan itu dihasilkan tim peneliti yang mempelajari 552 rumah tangga di pedesaan Kenya, terdiri dari 699 balita yang tumbuh dengan satu saudara kandung berusia 7-14 tahun.

Kemudian, peneliti mensurvei orangtua anak guna mengetahui siapa yang memberikan stimulasi lebih banyak kepada anak.

Halaman:


Sumber Today
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X