Kompas.com - 05/01/2021, 12:53 WIB
Kanada telah mendapatkan cukup vaksin untuk memvaksinasi seluruh penduduknya sebanyak lima kali. REUTERS via BBC INDONESIAKanada telah mendapatkan cukup vaksin untuk memvaksinasi seluruh penduduknya sebanyak lima kali.

KOMPAS.com - Beberapa negara sudah mulai melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap warganya. Hal ini memunculkan harapan pandemi akan segera berakhir.

Kendati demikian, protokol kesehatan seperti memakai masker dan jaga jarak masih harus terus dilakukan. Setidaknya sampai satu tahun ke depan.

Alasannya karena belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan vaksinasi dapat mencegah penularan. Selain itu, penggunaan masker juga bertujuan melindungi anak-anak.

Di negara-negara tertentu, vaksinasi difokuskan untuk tenaga kesehatan dan orang dewasa. Anak-anak masuk kelompok prioritas rendah penerima vaksin karena infeksi penyakit ini pada anak tidak berdampak parah. Akan tetapi, mereka tetap harus terlindungi dari penyakit.

Vaksinasi pada orang dewasa merupakan salah satu cara untuk menjaga keamanan pada anak-anak. Tapi bukan berarti protokil kesehatan bisa diabaikan.

Baca juga: Mungkinkah Vaksin Covid-19 Benar-benar Aman untuk Tubuh?

“Mencegah penyakit parah adalah hal paling mudah, mencegah penyakit ringan jauh lebih sulit, dan mencegah semua infeksi adalah yang tersulit."

Demikian yang diungkap oleh Deepta Bhattacharya, ahli imunologi di University Arizona kepada New York Times .

Menurutnya, meskipun vaksin dianggap 95 persen efektif mencegah penyakit simptomatik, tapi belum tentu bisa mencegah semua infeksi.

Ketika seseorang mendapat vaksinasi Covid-19, sistem kekebalannya meningkat dan menghasilkan antibodi.

Apabila virus SARS-CoV-2 masuk ke tubuhnya, maka antibodi dapat melawan virus sehingga kemungkinan besar orang tersebut tidak terinfeksi.

Halaman:


Sumber Fatherly
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X