Kompas.com - 09/01/2021, 16:55 WIB
Ilustrasi pasangan shutterstockIlustrasi pasangan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kehidupan yang berkualitas bisa didapat dengan menerapkan hidup sehat. Kita juga akan meminimalkan risiko penyakit yang mungkin timbul dari gaya hidup yang buruk.

Hidup kuat dan sehat dapat diterapkan oleh siapa pun. Namun, semua itu dimulai dari seberapa besar keinginan kita untuk berkomitmen menjaga kesehatan.

Apa saja langkah yang bisa diikuti? Simak penjelasan di bawah ini, melansir The Healthy.

1. Kurangi kalori, tanpa mengurangi jenis makanan 

Ilustrasi makanan sehatshutterstock Ilustrasi makanan sehat
Membatasi jumlah kalori dapat membantu mencegah penyakit dan memperlambat proses penuaan.

Para peneliti nutrisi menemukan rahasia untuk memuaskan perut serta menjaga kesehatan, setelah melihat dari menu makan malam yang disajikan orang-orang dari Yunani, Jepang, hingga negara bagian Pennsylvania, AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut peneliti, sebaiknya kita mengisi piring dengan sayuran dan buah-buahan, serta tambahkan kacang-kacangan dan biji-bijian utuh.

Lalu, kurangi makanan dengan kalori tinggi seperti daging berlemak atau burger keju, dan gantilah dengan berbagai jenis makanan lain.

Dengan membatasi kalori yang dikonsumsi, maka akan lebih banyak antioksidan yang ditujukan memperbaiki kesehatan, dan kita hidup lebih lama, lebih aktif, dan bahagia.

"Orang-orang di Okinawa mengonsumsi lebih banyak makanan (berdasarkan bobot, namun rendah kalori) ketimbang orang yang menerapkan diet gaya Barat."

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.