Adakah Khasiat Kopi Lemon secara Khusus bagi Kesehatan?

Kompas.com - 17/01/2021, 11:17 WIB
Ilustrasi kopi lemon shutterstockIlustrasi kopi lemon
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Baik kopi maupun lemon dikenal sebagai minuman dan buah yang menyehatkan bagi tubuh. Nah, saat ini ada tren untuk mencampurkan lemon ke dalam kopi.

Kamu mungkin pernah mendengar tren bahwa kopi yang dicampurkan perasan lemon dapat memberikan khasiat khusus tertentu.

Benarkah ada manfaat spesifik dari minuman kopi lemon? 

Secara umum, baik kopi maupun lemon merupakan asupan yang menyehatkan. Jika dikonsumsi sendiri-sendiri pun, kopi dan lemon memiliki manfaatnya masing-masing.

1. Manfaat kopi

Biji kopi yang sudah disangrai mengandung lebih dari 1000 senyawa bermanfaat. Di antara banyaknya senyawa tersebut, asam klorogenat dan kafein menjadi zat yang paling populer dalam kopi.

Kedua kandungan ini bahkan dikaitkan dengan perlindungan terhadap berbagai jenis kanker.

Secara umum, konsumsi kopi juga berpotensi untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, penyakit hati, depresi, bahkan penyakit Alzheimer dan Parkinson.

Kafein juga dikenal sebagai stimulan alami. Kafein dalam kopi seolah dapat memberikan energi instan, membantu diri lebih terjaga, dan dilaporkan meningkatkan jumlah kalori yang terbakar.

Baca juga: Rutin Minum Kopi Turunkan Risiko Kematian, Apa Sebabnya?

2. Manfaat lemon

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X