Kompas.com - 23/01/2021, 08:17 WIB
Sabun batang yang diolah dari ampas kopi oleh Kisaku bersama Miji Artisan Soap. DOK. KISAKUSabun batang yang diolah dari ampas kopi oleh Kisaku bersama Miji Artisan Soap.

KOMPAS.com - Ampas kopi sering kali menjadi material yang tidak digunakan dan dibuang begitu saja.

Padahal, ampas kopi sebetulnya bisa dimanfaatkan bahkan diolah kembali menjadi benda pakai lain.

Kedai kopi Kisaku, misalnya, berkolaborasi dengan UMKM lokal, Miji, untuk mengolah ampas kopi yang dihasilkan dari setiap gerai untuk membuat sabun batangan.

Ini menjadi bagian dari Sustainability Program yang diperkenalkan akhir tahun lalu oleh kedai kopi yang didirikan aktris Raline Shah dan beberapa sahabatnya itu.

"Selama ini mayoritas kedai kopi membuang ampas kopi begitu saja, padahal sisa produk tersebut masih memiliki banyak kandungan seperti kafein, antioksidan, dan juga keasaman yang bermanfaat bagi kita dan juga tumbuhan."

"Miji juga kami pilih sebagai partner karena kami memiliki fokus sama dalam menerapkan gaya hidup ramah lingkungan serta menghadirkan produk berkualitas berbahan baku premium bagi masyarakat Indonesia."

Demikian diungkapkan oleh Co-founder & Operational Director Kisaku, Lionel Hanjaya Tirta, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ampas Kopi Bisa Hilangkan Bau Tak Sedap di Kamar Mandi, Sudah Coba?

Proses pengolahan
Ampas kopi yang diolah Kisaku bersama Miji untuk menjadi sabun ini diambil dari sisa kopi di dalam mesin pembuat kopi.

Founder Miji Artisan Soap, Pinkan Amanda menjelaskan, ampas kopi yang digunakan adalah gilingan tingkat halus (fine) yang menurutnya sangat cocok untuk diolah menjadi sabun.

"Medium sebetulnya juga masih bisa jadi sabun untuk menambah scrub-nya. Tapi kadang ada yang enggak mau takutnya terlalu kasar," ungkap Pinkan saat dihubungi terpisah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.