Kompas.com - 16/02/2021, 16:15 WIB
Ilustrasi ibu dan anak mengenakan masker untuk menghindari penularan virus. (Dok. Shutterstock) Ilustrasi ibu dan anak mengenakan masker untuk menghindari penularan virus.

KOMPAS.com - Pandemi membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat, termasuk dengan bertambahnya tugas-tugas para ibu rumah tangga.

Jika dulu para ibu mungkin hanya memiliki tugas sebagai ibu dan wanita bekerja, kini predikat sebagai guru juga harus disandang.

Ketua Penggerak PKK Jawa Barat,  Atalia Ridwan Kamil, mengatakan banyak juga perempuan yang bertanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan ekonomi rumah tangga.

"Banyak perempuan bekerja dan bebannya meningkat karena masih harus mengurus rumah tangga, mengurus anak dan suami," kata Atalia dalam webinar "Bangkit & Menghebat di Era New Normal" yang diadakan Wings Care pada Selasa (16/2/2021) siang.

Di masa awal pandemi, keluhan akan sulitnya menjadi "guru" selama anak bersekolah di rumah sering ditemui. Walau kini banyak ibu yang sudah beradaptasi, tapi tantangan lain yang dihadapi adalah rasa bosan anak karena di rumah saja.

Baca juga: Perhatikan Cara Mendidik, Anak Akan Ikuti Perilaku Orangtua

"Anak sudah jarang ke luar rumah, ditambah belajar terus-terusan, lambat laun anak akan bosan" ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, para ibu juga harus cermat menjaga kesehatan keluarganya dengan mengingatkan pentingnya mematuhi protokol kesehatan dan menjaga daya tahan tubuh lewat makanan bergizi seimbang.

Pentingnya peran ibu dalam memutus mata rantai penularan Covid-19, membuat Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengkampanyekan #IngatPesanIbu.

Sebagai sosok yang sangat dihormati dalam keluarga, perkataan ibu dianggap paling manjur dan dipatuhi oleh seluruh anggota keluarga. “

Mengingat peran para perempuan yang besar, Artalita menyarankan agar para ibu juga mengelola stres. 

"Karena itu penting bagi ibu untuk mengelola stres. Kita membutuhkan lingkungan yang positif. Ibu yang bahagia akan menghadirkan anak dan ayah yang bahagia," ujarnya.

Baca juga: Lama di Rumah Bikin Anak Kesepian, Apa yang Harus Dilakukan Orangtua?



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X