Kompas.com - 17/02/2021, 19:56 WIB

KOMPAS.com - Meski terdengar serupa, namun sensitif dan sensitized skin adalah dua hal yang sangat berbeda. Kedua kondisi ini akan menghasilkan kulit yang sensitif, tetapi, ada faktor-faktor lain yang menyebabkan sensitif dan sensitized skin menjadi berbeda.

Dokter spesialis penyakit kulit dan kelamin, Dr Arini Astasari Widodo, SpKK menjelaskan, bahwa sensitive skin merupakan jenis kulit sensitif yang dialami oleh seseorang sejak dia lahir.

Nah, kondisi ini biasanya dipengaruhi oleh faktor genetik atau memang memiliki alergi, asma, dan penyakit kulit tertentu.

"Sensitive skin itu ditandai dengan munculnya kemerahan kulit, flushing, dan gatal-gatal," katanya dalam virtual event brand launching make p:rem, Selasa (16/2/2021).

Baca juga: Tanda Sabun Muka yang Dipakai Tak Cocok untuk Kulit Sensitif

Sementara itu, sensitized skin terjadi pada orang yang sebenarnya kulitnya normal, namun menjadi sensitif karena faktor-faktor eksternal.

Misalnya, penggunaan produk skincare dengan kandungan kimia secara berlebihan, polusi udara, kekurangan minum atau dehidrasi, dan stres yang berlarut.

"Paling sering sensitized skin ini dialami karena penggunaan skincare yang bermacam-macam. Sehingga, menyebabkan eksfoliasi secara berlebihan dan membuat kulit sensitif," terangnya.

Menjaga pelindung kulit

Baik masalah sensitif maupun sensitized skin, keduanya dapat diatasi dengan menjaga lapisan terluar (barrier) kulit.

Arini mengatakan, lapisan terluar kulit ini menjadi bagian penting untuk melindungi tubuh secara keseluruhan dari penyakit, serta masalah yang terjadi pada kulit.

Baca juga: 5 Kebiasaan di Malam Hari yang Bikin Kulit Tampak Awet Muda

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.