Kompas.com - 03/03/2021, 07:08 WIB
Ilustrasi anak tidur. SHUTTERSTOCKIlustrasi anak tidur.

KOMPAS.com - Bayi yang baru lahir, atau berusia di bawah satu tahun umumnya belum dapat mengenali waktu.

Sehingga, anak akan memiliki kebiasaan tidur terlalu awal dan bangun terlalu pagi. Jika anak bangun jam 03.00 -misalnya, tentu itu bisa menimbulkan masalah bagi orangtua.

"Banyak kebiasaan tidur kita berkembang pada usia yang sangat dini," kata dokter anak Maria Tang, MD di laman Cleveland Clinic.

"Penting bagi seorang anak memiliki kebiasaan tidur yang baik untuk kesehatan dan kesejahteraan anak secara keseluruhan."

Baca juga: Berapa Lama Waktu Tidur yang Diperlukan Tubuh?

Tang mengatakan, salah satu hal yang dapat dilakukan orangtua adalah konsisten menjaga waktu tidur dan rutinitas tidur anak secara teratur.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan jumlah tidur anak per hari yang dibagi berdasarkan kelompok usia. 

- Bayi 0-3 bulan: 14-17 jam waktu tidur

- Bayi 4-11 bulan: 12-15 jam

- Balita 1-2 tahun: 11-14 jam

- Anak 3-5 tahun: 10-13 jam

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X