Kompas.com - 17/03/2021, 13:24 WIB
Ilustrasi menanam jahe dalam pot. SHUTTERSTOCK/JAK149Ilustrasi menanam jahe dalam pot.

KOMPAS.com - Salah satu jenis tanaman obat yang telah dikenal luas di masyarakat adalah jahe.

Jahe sering kali dikonsumsi dalam bentuk minuman yang menghangatkan tubuh, namun tanaman ini juga bisa ditambahkan ke dalam makanan atau dipadukan dengan tanaman obat lainnya sehingga menghasilkan menu minuman baru.

Ada beberapa jenis jahe, yang semuanya tentu memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Salah satunya adalah jahe merah (Zingiber officinale var. Rubrum).

Seperti diberitakan Kompas.com (16/02/2021), jahe merah memiliki rimpang berwarna jingga muda hingga merah dan memiliki rasa yang sangat pedas.

Manfaat jahe merah untuk kesehatan sangatlah beragam, mulai dari mencegah masalah pencernaan, menjaga daya tahan tubuh, mengurangi nyeri otot dan sendi, dan lainnya.

Baca juga: Jahe Merah: Khasiat, Saran Pengolahan, dan Cara Menyimpan

Kabar baiknya, bagi Anda penyuka minuman jahe atau ingin mencoba mengolah jahe merah, tanaman ini juga bisa ditanam sendiri di rumah dan tidak selalu memerlukan lahan yang luas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut buku "Panduan Mudah Budidaya Jahe Merah" yang ditulis oleh Ira Septa Ningrum (2019), setidaknya ada tujuh alasan yang membuat menanam jahe merah patut dicoba di rumah, antara lain:

1. Bernilai ekonomis tinggi

Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa kebutuhan akan jahe merah diprediksi masih akan terus meningkat, baik dari pasar dalam negeri maupun mancanegara.

Jahe merah tak hanya digunakan untuk menu hangat dan segar di beberapa warung dan pasar lokal, tetapi juga digunakan untuk produk di industri obat-obatan dan makanan.

Itu jika Anda ingin mencoba membudidayakannya dan berbisnis jahe merah. Tapi jika tidak, menanam jahe merah juga akan memberi manfaat bagi Anda penyuka minuman jahe merah, terutama untuk menghindari harga jahe merah yang fluktuatif di pasaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X