Asics GEL-Lyte III Daruma, Inspirasi Pantang Menyerah dari Boneka Tradisional Jepang

Kompas.com - 21/03/2021, 14:51 WIB
ASICS Gel Lyte III Daruma ASICSASICS Gel Lyte III Daruma
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Selama ini sepatu Asics GEL-Lyte III telah hadir dalam berbagai "wajah" yang mengambil inspirasi dari banyak budaya di dunia. Sepatu seri ini juga dirilis dalam tema momen bersejarah tertentu.

Nah kali ini Asics memberi tampilan baru untuk GEL-Lyte III dengan mengambil tema dari negara asalnya, Jepang, yakni seri Daruma.

Daruma adalah boneka yang diyakini sebagai pembawa keberuntungan di Jepang. Boneka ini terinspirasi dari biarawan Budha, Bodhidharma yang mendirikan ajaran Zen.

Diperkirakan, Bodhidharma hidup pada abad ke-5 hingga ke-6 Masehi. Menurut legenda, Bodhidharma bermeditasi selama sembilan tahun terus menerus.

Keteguhannya untuk mencapai pencerahan sangat kuat, sampai-sampai kaki dan tangannya lumpuh atau menghilang dari tubuhnya. Inilah mengapa boneka Daruma berbentuk bundar, tanpa tangan maupun kaki.

ASICS Gel Lyte III Darumaasics ASICS Gel Lyte III Daruma
Daruma sendiri sering diartikan sebagai ketekunan atau keteguhan. Boneka ini merupakan pengingat agar orang terus berjuang terus apa pun yang terjadi.

Seperti peribahasa Jepang, 'Nanakorobi yaoki' yang artinya 'jatuh tujuh kali, bangkit delapan kali', bagian bawah boneka dibuat berat agar ia selalu tegak lagi bila terguling, untuk menggambarkan semangat pantang menyerah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Semangat inilah yang diambil oleh Asics untuk disematkan pada GEL-Lyte III, Daruma.

Adapun sepatu berbahan kulit ini dihadirkan menggunakan bahan kulit dalam dua pilihan warna, yakni merah klasik dan biru muda yang disebut aqua jade. Keduanya memakai warna dasar putih.

Sedangkan lambang Aiscs berupa Tiger Stripe di bagian sisi sepatu menggunakan warna hitam berplisir emas, merujuk pada hiasan yang sering ditemukan pada boneka Daruma.

Asics GEL-Lyte III 'Daruma' sudah tersedia di Indonesia, bagi mereka yang ingin mengadopsi semangat pantang menyerah sekaligus ingin tampil keren.

Baca juga: Harimau Bali, Graffiti, dan Batik Indonesia di Sepatu ASICS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.