Kompas.com - 24/03/2021, 09:06 WIB
Ilustrasi hamil anak kembar ShutterstockIlustrasi hamil anak kembar

KOMPAS.com - Menyiapkan diri menjadi orangtua sebenarnya sudah dimulai jauh sebelum kita mengetahui bahwa kita benar-benar hamil.

Sebelum merencanakan kehamilan, kita juga harus mulai mempersiapkan kesehatan, anggaran, dan segalanya yang berhubungan dengan kehidupan bayi kelak.

Nah, untuk mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan dalam merencanakan kehamilan, mari simak 9 hal penting yang dilansir dari laman What To Expect berikut ini.

1. Menjaga kebiasaan hidup sehat

Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga saat sedang merencanakan kehamilan adalah salah satu hal yang paling penting.

Penelitian menunjukkan program olahraga dengan intensitas sedang —sekitar 30 menit sehari latihan aerobik, latihan kekuatan, peregangan, atau apa pun yang membuat jantung berdebar— dapat meningkatkan kesuburan.

Terlebih lagi, olahraga melepaskan endorfin yang membuat kita merasa nyaman dapat membantu upaya program hamil menjadi  lebih rileks dan produktif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 14 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma untuk Mendukung Program Hamil

Hanya saja, jangan dilakukan secara berlebihan, karena olahraga berat yang teratur dan berkepanjangan dapat mengganggu keseimbangan hormon yang dibutuhkan untuk ovulasi maupun konsepsi, terutama jika mengurangi terlalu banyak lemak tubuh.

Selain itu, jaga agar asupan kafein tidak berlebihan. Beberapa penelitian mengaitkan terlalu banyak konsumsi kafein dengan tingkat kesuburan yang lebih rendah dan peningkatan risiko keguguran.

Jadi, batasi asupan kafein tidak lebih dari 200 miligram per hari. Itu setara dengan total harian sekitar dua cangkir kecil kopi yang diseduh.

Baca juga: Wanita di Cianjur Hamil Tanpa Sadar, Kenali Gejala Awal Kehamilan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.