Kompas.com - Diperbarui 12/10/2021, 13:27 WIB
Manfaat daun kelor untuk kesehatan sangatlah beragam. Daun kelor biasanya diolah menjadi hidangan bersama bumbu atau bahan masakan lain, misalnya untuk membuat sayur atau sup. SHUTTERSTOCKManfaat daun kelor untuk kesehatan sangatlah beragam. Daun kelor biasanya diolah menjadi hidangan bersama bumbu atau bahan masakan lain, misalnya untuk membuat sayur atau sup.

KOMPAS.com - Manfaat daun kelor untuk kesehatan sangatlah beragam. Daun kelor biasanya diolah menjadi hidangan bersama bumbu atau bahan masakan lain, misalnya untuk membuat sayur atau sup.

Meskipun bagi beberapa orang rasanya sedikit pahit, manfaat daun kelor tak boleh disepelekan.

Fakta nutrisi daun kelor

Menurut buku Analisis Ekstrak Daun Kelor (Moringa oleifera) Pada Pengobatan Diabetes Mellitus yang ditulis oleh Qurratu Aini, SSi, MPd, daun kelor atau Moringa oleifera memiliki rasa yang agak pahit, netral, dan tidak beracun.

Hasil analisis menunjukkan bahwa manfaat daun kelor termasuk membantu mencegah berbagai macam penyakit.

Tanaman ini mengandung semua unsur asam amino essensial yang sangat penting, yakni unsur argine, histidine, isoleucine, leusine, lysine, methionine, phenylalinine, threonine, tryptophan, dan valine.

Selain itu, daun kelor juga mengandung protein, lemak, beta carotene (vitamin A), thiamin (vitamin B1), riboflavin (B2), niacin (B3), vitamin C, kalsium, karbohidrat, tembaga, serat, zat besi, magnesium, dan fosfor.

Kecuali vitamin C, semua kandungan gizi yang terdapat dalam daun kelor segar akan mengalami peningkatan konsentrasi jika dikonsumsi setelah dikeringkan dan dihaluskan dalam bentuk serbuk.

Baca juga: Guru Besar IPB: Daun Kelor Lebih Baik dari Jeruk dan Wortel

Manfaat daun kelor

Berikut sejumlah manfaat daun kelor untuk kesehatan:

1. Daun kelor membantu melawan diabetes

Manfaat daun kelor mungkin termasuk membantu mencegah diabetes dengan menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi komplikasi terkait. PEXELS/PAVEL DANILYUK Manfaat daun kelor mungkin termasuk membantu mencegah diabetes dengan menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi komplikasi terkait.
Menurut Verywell Health, penelitian menunjukkan bahwa manfaat daun kelor mungkin termasuk membantu mencegah diabetes dengan menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi komplikasi terkait. 

Salah satu teori yang ditemukan lewat uji klinis kecil pada 2016 mengungkapkan bahwa daun kelor dapat membantu mencegah diabetes karena meningkatkan produksi insulin.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.