Kompas.com - 29/03/2021, 10:28 WIB
Ilustrasi ubi jalar SHUTTERSTOCK/ AtlasStudioIlustrasi ubi jalar

KOMPAS.com - Meski rasanya manis namun ubi jalar ternyata bukan pantangan untuk pengidap diabetes melitus. Selain itu, sumber karbohidrat ini juga mengandung nutrisi yang baik.

Dibandingkan dengan kentang, ubi jalar hanya menyebabkan gula darah naik sedikit atau disebut memiliki indeks glikemik rendah. Kandungan seratnya yang tinggi membuat ubi bisa menjadi camilan yang bernutrisi.

Hampir 40 persen nutrisi yang terkandung di antaranya adalah serat larut, jenis yang membantu menurunkan gula darah dan kolesterol. 

Ubi juga sangat kaya akan karotenoid, pigmen oranye dan kuning yang berperan dalam membantu tubuh merespon insulin. 

Yang menarik, ubi dan kopi punya kesamaan, yaitu keduanya kaya akan senyawa asam klorogenat alami, yang dapat membantu mengurangi resistensi insulin.

Baca juga: Jangan Remehkan Manfaat Nutrisi Ubi Jalar

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, ubi jalar ini ternyata memiliki kandungan Vitamin C, antioksidan vitamin yang dapat membantu menjaga arteri agar tidak rusak.

Vitamin C juga dapat membantu melawan penyakit jantung dan komplikasi diabetes, seperti kerusakan saraf dan mata.

Satu buah ubi rebus ukuran sedang (tanpa tambahan lemak selama memasak) mengandung 3,75 g serat, atau 15 persen dari AKG.

Kamu bisa makan kulitnya juga untuk mendapatkan lebih banyak serat, serta sejumlah vitamin lainnya. Untuk menjaga nutrisinya, sebaiknya ubi direbus saja.  

Baca juga: Pasien Diabetes Tetap Boleh Makan Nasi Putih, asalkan...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.