Kompas.com - 30/03/2021, 15:11 WIB
Diet DEBM pada dasarnya merupakan pola makan rendah karbohidrat, tinggi lemak dan protein. SHUTTERSTOCKDiet DEBM pada dasarnya merupakan pola makan rendah karbohidrat, tinggi lemak dan protein.

KOMPAS.com - Diet DEBM adalah singkatan dari Diet Enak Bahagia dan Menyenangkan. Diet ini diklaim mampu membantu menurunkan berat badan tanpa menyiksa.

Menurut buku bertajuk "DEBM: Diet Enak, Bahagia & Menyenangkan" yang ditulis oleh pencetus diet DEBM, Robert Hendrik Liembono (2018), diet ini pada dasarnya merupakan pola makan rendah karbohidrat, tinggi lemak dan protein.

Konsepnya, ketika dalam keadaan rendah karbohidrat, tubuh akan mulai menggunakan lemak sebagai bahan bakar.

Robert menjelaskan, sumber karbohidrat dan makanan dengan Indeks Glikemik (GI) tinggi harus dihindari karena lambat dicerna dan diserap tubuh sehingga lambat meningkatkan gula darah dan kadar insulin.

Adapun makanan dengan GI rendah, yakni di bawah angka 55.

Baca juga: Mengenal Diet DEBM, Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Menyiksa

Dalam bukunya, Robert menjabarkan tentang menu diet DEBM yang dapat Anda terapkan di rumah. Berikut rinciannya:

Sarapan

Disarankan untuk segera menyantap sarapan setelah bangun tidur. Sarapan harus terdiri dari makanan yang sangat rendah karbohidrat, jika perlu tanpa karbohidrat sama sekali.

Robert menjelaskan, sarapan tanpa karbohidrat akan membantu tubuh terus berada dalam mode pembakaran lemak dan pola makan tinggi protein saat sarapan akan meningkatkan metabolisme sehingga pembakaran lemak lebih maksimal.

"Sarapan adalah kunci penurunan berat badan, kalau sarapan sudah benar, maka dalam 1-2 minggu saja perubahan berat badan bisa terjadi," tulis Robert.

Sarapan dengan sumber karbohidrat berat, sepertinasi kuning, lonting, bubur, hingga minuman manis, akan membuat berat badan sulit turun bahkan mengalami kenaikan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
RECIPES
SUP PANGSIT
SUP PANGSIT
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X