Kompas.com - 10/04/2021, 15:06 WIB
Ilustrasi memasak dengan panci stainless steel. PEXELS/KATERINA HOLMESIlustrasi memasak dengan panci stainless steel.

KOMPAS.com - Meal prep atau persiapan makanan merupakan cara untuk merencanakan dan menyiapkan makanan lebih awal.

Dengan menerapkan meal prep kita dapat menghemat waktu dan biaya pengeluaran karena menu makanan untuk beberapa hari ke depan sudah diatur.

Meal prep juga akan membantu kita untuk menyiapkan makanan yang lebih sehat.

"Menjelang bulan Ramadan ini aku tetap harus nyiapin meal prep, karena banyak yang diurus. Meal prep membantu agar aku dan anak-anak tidak keteteran, semua bisa berjalan dengan baik," kata Adetya Hutami, mompreneur dan healthy food enthusiast dalam Media Gathering 2021 #NutriTalk secara virtual.

Manfaat merencanakan menu makanan akan membantu kita untuk tidak boros saat berbelanja, karena kita mengetahui cara menyiapkan makanan yang sehat.

"Dengan meal prep, semuanya akan menjadi lebih teratur dan lebih seimbang. Menu masakan lebih sehat, dan tidak ada sisa makanan yang berlebih."

Baca juga: 3 Alasan Orang yang Hobi Masak Lebih Jarang Stres

Untuk melakukan meal prep, pertama adalah membuat daftar menu untuk satu minggu. Di bulan Ramadan, kita bisa membuat daftar menu sahur dan berbuka.

"Tentukan kapan kita mau belanja. Enggak usah setiap beberapa hari sekali belanja, bisa per minggu. Saya sarankan jangan belanjanya per bulan ya, karena ujung-ujungnya kita akan boros di pengeluaran."

Setelah menentukan daftar menu, Adetya menganjurkan untuk membagi makanan yang akan dibeli berdasarkan kandungan nutrisinya.

"Kita klasifikasikan dulu nih, misalnya kita mau beli makanan yang ada proteinnya. Kalau kita sudah memasukkan daging, ya enggak usah beli udang," ucap dia.

Baca juga: Mindful Eating, Konsep Makan Berkesadaran yang Kaya Manfaat

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X