Kompas.com - 16/04/2021, 16:42 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Berat badan yang bertambah atau berkurang merupakan hal biasa. Namun jika kenaikan berat badan terjadi secara tiba-tiba, kita akan panik dan mencari tahu penyebabnya.

Seperti kata pepatah, tidak ada asap jika tidak ada api. Karena itu, sebuah tindakan yang kita lakukan bisa menjadi penyebab berat badan naik tiba-tiba saat dicek di timbangan.

Belum lama ini ahli gizi Pooja Makhija membahas masalah kenaikan berat badan dalam semalam, di akun Instagram miliknya.

Menurut Makhija, dibutuhkan sekitar 7.000 kalori yang tidak terbakar agar berat badan bertambah satu kilogram, yang mana hal itu mustahil terjadi hanya dalam waktu sehari.

Baca juga: Tips Mudah Mengontrol Berat Badan Selama Ramadhan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PM (@poojamakhija)

Ia menjelaskan berbagai alasan yang memungkinkan berat badan kita bertambah secara tiba-tiba.

1. Mengonsumsi minuman beralkohol

Jika satu hari sebelumnya kita mengonsumsi minuman beralkohol dan hanya minum air putih dalam jumlah sedikit, tubuh akan kelebihan cairan. Asupan air yang berkurang akan membuat tubuh mulai menyimpan air.

2. Tidur yang buruk

Kualitas atau kuantitas tidur yang buruk juga bisa menjadi faktor penyebab kenaikan berat badan tiba-tiba.

Saat seseorang kurang tidur, maka orang tersebut cenderung makan lebih banyak dari biasanya dan memicu ritme sirkadian yang buruk.

Baca juga: 6 Masalah Kesehatan Akibat Kurang Tidur

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber NDTV
Rekomendasi untuk anda
RECIPES
SUP PANGSIT
SUP PANGSIT
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X