Kompas.com - 01/05/2021, 11:08 WIB
Ilustrasi olahraga di kantor shutterstockIlustrasi olahraga di kantor

KOMPAS.com - Rutin melakukan aktivitas fisik sangat penting untuk kesehatan. Namun perlu diingat, aktivitas fisik di sini bukan hanya sekadar menggerakkan tubuh.

Meskipun pekerjaan sehari-hari mendorong tubuh terus bergerak, tetap perlu menyediakan waktu untuk berolahraga secara teratur.

Hal ini dikarenakan aktivitas kerja mungkin tidak dapat mengimbangi manfaat kardio yang diperoleh dari olahraga.

Penelitian baru menunjukkan, jika seseorang memiliki pekerjaan yang menuntutnya terus bergerak tapi jarang berolahraga, maka risiko gangguan kesehatan tetap mengintai.

Risiko itu menyangkut kejadian buruk kardiovaskular seperti serangan jantung atau stroke yang lebih tinggi.

Peneliti mengungkapkan, pekerjaan yang menuntut gerakan fisik cenderung tidak meningkatkan kebugaran kardiovaskular.

Beda halnya dengan latihan rutin walau hanya sekadar jalan cepat atau lari yang cukup intens .

Bagi beberapa orang, fakta ini mungkin sedikit mengejutkan. Sebab tak jarang ada orang yang berpikir banyak bergerak dan mengeluarkan keringat sudah cukup.

Lebih lanjut, penelitian yang dipublikasikan di European Heart Journal menjelaskan alasan pekerjaan yang banyak bergerak tidak cukup untuk kebugaran kardiovaskular.

Baca juga: Manfaat Olahraga Kardio, dari Kesehatan Otak hingga Fungsi Seksual

Dalam penelitian itu, sebanyak 104.000 pria dan wanita berusia 20-100 tahun diamati. Peneliti meminta peserta menjawab kuesioner.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X